Jumat 16 Oct 2015 10:20 WIB

TK Bina Insani Gelar Peragaan Manasik Haji

Siswa TK Bina Insani bersemangat melaksanakan peragaan manasik haji di Sekolah TK Bina Insani Bogor, Jawa Barat, Jumat (16/10).
Foto: Irwan Kelana/Republika
Siswa TK Bina Insani bersemangat melaksanakan peragaan manasik haji di Sekolah TK Bina Insani Bogor, Jawa Barat, Jumat (16/10).

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR – TK Bina Insani menggelar peragaan  manasik haji untuk para siswanya. Peragaan  manasik haji  itu diadakan di halaman TK Bina Insani, Tanah Sareal, Bogor, Jawa Barat, Jumat (16/10).

Acara yang dibuka oleh Direktur Pendidikan Sekolah Bosowa Bina Insani Sudirman itu juga dihadiri Pengawas TK Kecamatan Tanah Sareal Bogor, Mulyani. “Peragaan  manasik haji ini  diikuti siswa TK A dan TK B Bina Insani,” kata  Kepala TK Bina Insani Femy Balti di Bogor, Jumat (16/10).

Femy mengemukakan, untuk  menggelar latihan manasik itu pihak sekolah menyiapkan tempat dan benda terkait prosesi ibadah haji, seperti mock up Ka’bah ukuran mini, Bir Ali, Padang Arafah, Muzdalifah, Mina, tempat melempar jumrah, hingga Bukit Shafa dan Bukit Marwa.

 

Femy dan seluruh guru TK Bina Insani terlibat secara langsung membimbing para siswa melakukan peragaan manasik haji. “Latihan manasik ini juga dihadiri Parents Association Bosowa Bina Insani (PABBI) TK Bina Insani,” ujar Femy.

Kegiatan peragaan  manasik haji   itu diawali dengan mengambil miqat di Bir Ali sambil membaca niat haji. Setelah itu para siswa menuju Arafah untuk wukuf  sambil membaca tasbih, tahmid, tahlil dan takbir.

 

Selepas wukuf, para siswa dibawa ke Muzdalifah untuk mabit dan mengumpulkan batu. Setelah itu mereka menuju Mina untuk melempar jumrah ula, wushtha dan aqabah.

 

Seusai melempar jumrah, siswa diajak ke depan Ka’bah.Tawaf tujuh kali, kemudian  shalat sunnah tawaf dan  minum air zamzam sambil membaca doa minum air zamzam.

Siswa kemudian diajak sa’i, yakni berlari-lari kecil dari Bukit Shafa ke Bukit Marwa sebanyak tujuh kali.  Peragaan  manasik haji tersebut diakhiri dengan tahalul (menggunting sebagian rambut).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement