Friday, 10 Syawwal 1445 / 19 April 2024

Friday, 10 Syawwal 1445 / 19 April 2024

Ketua MPR: Kunci Kemajuan Negara, Sumber Daya Manusia

Kamis 15 Oct 2015 20:00 WIB

Rep: C27/ Red: Winda Destiana Putri

Zulkifli Hasan

Zulkifli Hasan

Foto: ist

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Indonesia merupakan negara yang begitu kaya dengan sumber daya alam. Hanya saja kekayaan alam tersebut belum menjadi jaminan Indonesia menjadi negara maju jika tidak diiringi dengan pengelolaan sumber daya manusia.

"Sumber daya alam tidak jaminan bangsa itu maju. Kita perlu pencerahaan, kuncinya sumber daya manusia," ujar Ketua MPR Zulkifli Hasan saat Sidang Tanwir II Nasyiatul Aisyiyah Muhammadiyah di Bandung, Kamis (15/10).

Ia mengungkapkan, bahwa Indonesia sudah beberapa kali berada di posisi menguntungkan dengan limpahan kekayaan hutan, tambang, dan biota laut. Hanya saja, momen tersebut tidak dapat dikelola dengan baik sehingga Indonesia tetap saja tertinggal seperti negara tetangganya.

Ia mencontohkan negara Singapura yang justru tidak memiliki sumber daya alam yang tidak mendukung. Dengan itu membuktikan bahwa kemampuan manusia akan membangun negara agar terus maju dan berkembang

"Tidak ada jalan yang mudah, kita harus tekun untuk keterampilan, kerja keras dan ilmu pengetahuan," tegasnya.

Ia menghimbau agar bangsa Indonesia untuk menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi agar mampu mengelola sumber daya alam serta menguasai ilmu ekonomi agar bisa mengelola kekayaan alam.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 
 
Terpopuler