Wednesday, 23 Rabiul Awwal 1441 / 20 November 2019

Wednesday, 23 Rabiul Awwal 1441 / 20 November 2019

Tak Sekedar Penunjuk Waktu

Kamis 15 Oct 2015 18:00 WIB

Red:

Meski pasarnya belum sebesar smartphone, keberadaan smartwatch terus berkembang. Para produsen gawai pun terus berlomba menguatkan eksistensinya di persaingan smartwatch.

Kehadiran jam tangan pintar juga menjadi gawai impian bagi para kaum urban. Saat ini, semakin banyak saja perangkat teknologi dan brand jam tangan terkenal yang membuat smartwatch andalannya.

Mulai dari, menyuguhkan fitur-fitur menarik berkelas tinggi hingga desain jam tangan berkonsep unik. Semua tak lepas dari pengaruh Internet of Things (IoT) yang menyambungkan semua perangkat dengan internet.

Samsung adalah salah satu perusahaan raksasa yang tidak berhenti menciptakan smartwatch andalan. Seperti, dilansir Techtimes.com, Samsung baru saja memperkenalkan Samsung Gear S2 sebagai jam tangan pintar dengan Android Wear terlengkap.

Smartwatch yang diluncurkan pada awal Oktober ini juga bisa tersinkronisasi dengan perangkat ponsel Samsung Android. Samsung Gear 2 juga bisa terkoneksi dengan ponsel Android 4.4 dan akan berfungsi optimal ketika tersambung dengan perangkat Samsung Galaxy lainnya.

Dari segi desain, Samsung Gear S2 begitu fashionable. Wajahnya bundar seperti jam klasik. Bezelnya cukup unik dengan desain yang mampu berotasi.

Layar sentuhnya menyediakan fasilitas untuk menavigasikan menu-menu aplikasi. Dengan begitu, pemakainya bisa melihat tampilan, seperti kalender, pengontrol musik, hingga tracking saat melakukan olah tubuh.

Dijual seharga 299.99 dan 349.99 dolarAS, jam pintar yang sporty ini hadir untuk memberikan kepuasan bagi para penggunanya. Tak mau ketinggalan, pabrikan Korea lainnya, LG, juga memiliki LG Watch Urbane 2 yang langsung mengusung konsep Longe Term Evolution (LTE). Smartwatch ini pun memosisikan diri sebagai Android Wear pertama di dunia dengan koneksi LTE.

Kehadiran LG Watch Urbane 2 memang masih perlu ditunggu dunia dalam waktu dekat ini. Fiturnya tidak perlu sinkron dengan ponsel pintar LG. Penggunanya bisa langsung menelepon dengan jaringan seluler. Bahkan, juga bisa mendengarkan musik menggunakan headphone bluetooth.

Smartwatch ini memang belum bisa diprediksi dari segi bentuk dan harga. Namun, LG Watch Urbane 2 mengusung tema sporty dan elegan dalam desainnya.

Jam tangan ini disebut memiliki layar P-OLED 1,38 inci dengan resolusi 480 pixel. Resolusi ini menjadi yang paling tajam di antara kelas jam tangan pintar lainnya. Chipset Qualcomm Snapdragon membuatnya bisa berfungsi menjadi kompas bahkan GPS sehingga pengguna tak perlu lagi menggunakan smartphone ketika membutuhkan penunjuk arah.

Bukan monopoli vendor smartphone
Label jam tangan Blocks lain lagi. Merek ini memberikan alternatif spesial bagi penyuka perangkat smartwatch. Blocks modular menjadi smartwatch modular pertama di dunia. Ide briliannya cukup mengesankan dengan memberikan pilihan OS dalam iOS atau Android.

Pengguna juga bisa mendapatkan fasilitas baterai atau memori ekstra. Fasilitas lain yang bisa digunakan, yakni pembayaran mobile secara online, mendukung perangkat kartu SIM, GPS, hingga menyediakan biometric trackers untuk mengukur pacu jantung serta kadar oksigen di dalam darah. Jam tangan modular ini sudah diluncurkan sejak pertengahan Oktober kemarin.

Sebagai salah satu podusen jam tangan papan atas dunia, TAG Heuer tak mau ketinggalan merilis jam tangan pintar terbarunya. Dikutip dari Forbes.com, rencananya smartwatch berbasis Android Wear ini akan dirilis di New York, AS, pada November mendatang.

Perusahaan jam tangan asal Swiss ini memang belum merilis secara pasti mengenai desain dan spesifikasinya. Namun, spekulasi memperkirakan desain TAG Heuer untuk jam tangan pintar ini hampir serupa dengan TAG Carrera yang elegan dan terlihat mewah.

Tak tanggung-tanggung, harganya diprediksi mencapai 1.800 dolar AS saat diluncurkan nanti. Tentunya angka ini akan sepadan dengan desain dan spesifikasinya.

Jam tangan pintar ini menargetkan kaum urban penyuka label mewah dengan desain cantik. Mereka yang memiliki connected to internet dengan waktu cukup lama dalam sehari akan menjadi target pembelinya.

Diprediksi pula, para pengguna Apple Watch akan beralih ke TAG Heuer dan mengoleksi smartwatch terbaru ini. "Ini akan menjadi jam pintar mewah yang ditunggu dunia," jelas CEO Jean-Claude Biver. Meski mewah, jam tangan pintar ini tetap menerapkan sisi klasik khas TAG Heuer yang tak pernah pudar. ed: setyanavidita livikacansera

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA