Rabu 14 Oct 2015 08:13 WIB

Ribuan Mahasiswa di Makassar Terima Beasiswa

Rep: c07/ Red: Andi Nur Aminah
Universitas Hasanuddin, Makassar
Universitas Hasanuddin, Makassar

REPUBLIKA.CO.ID, MAKASSAR - Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir menyerahkan beasiswa Bidikmisi dan Beasiswa Afirmasi Pendidikan Tinggi (ADik) 2015 kepada ribuan  mahasiswa yang berdomisili di Sulawesi Selatan (Sulsel) dan sekitarnya. Menurut Nasir, semua anak bangsa Indonesia memiliki kesempatan untuk mengenyam dunia pendidikan tinggi, dengan wadah dan bantuan yang diberikan oleh pemerintah.

"Saya bangga dengan anak bangsa yang cerdas, karena dengan kehadiran merekalah yang bisa memberi perubahan untuk Indonesia," jelas Nasir saat sedang mengunjungi Universitas Hassanudin, Selasa (13/10).

Rektor Universitas Hasanuddin, Dwia Aries Tina Pulubuhu mengatakan sebagian besar penerima beasiswa Bidikmisi dan ADik merupakan mahasiswa yang berprestasi. "Para mahasiswa cumlaude sebagian besar merupakan penerima beasiswa Bidikmisi," ujarnya.

Direktor Jendral Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemenristek Dikti, Intan Ahmad mengatakan, beasiswa Bidikmisi diberikan kepada mahasiswa dari 10 Perguruan Tinggi di Sulsel.

Perguruan Tinggi yang menerima Bidikmisi di antaranya, Universitas Hasanuddin, Universitas Negeri Makassar, Politeknik Negeri Ujung Pandang, Universitas Bosowa, Politeknik Pertanian Negeri Pangkep, Atma Jaya, Stisip Sinjai, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Akademi Komputer Makassar, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Yayasan Pendidikan Ujung Pandang Makassar.

Beasiswa Bidikmisi yang diserahkan di wilayah Makassar sebanyak 3.831 Mahasiswa di Universitas Hasanuddin, 2.814 Mahasiswa Universitas Negeri Makasar, 701 mahasiswa Politeknik Negeri Ujung Pandang, 660 mahasiswa Politeknik Pertanian Negeri Pangkep Kepulauan  Mahasiswa dan 2.253 kopertis wilayah IX sejumlah.

Sedangkan,  penerima beasiswa  ADik adalah mahasiswa yang berasal dari provinsi Papua, Sulawesi Tenggara, Kalimantan Utara, Sulawesi Utara, dan Papua Barat yang kuliah di Universitas Negeri Makassar  dan Universitas Hasanuddin.

“Untuk wilayah Makassar, Universitas Hasanuddin sebanyak 84 mahasiswa, Universitas Negeri Makasar 54 mahasiswa, dan Politeknik Negeri Ujung Pandang sebanyak empat mahasiswa,” jelasnya.

Supriyadi, salah seorang mahasiswa penerima beasiswa bidikmisi dari Universitas Negeri Makassar mengaku sangat senang dan bangga bisa mendapatkan beasiswa. Mahasiswa jurusan Pendidikan IPA itu mengatakan ingin menjadi contoh dan pelopor bagi mahasiswa lainnya.

"Saya ingin menjadi pelopor, dengan menggunakan ilmu yang saya miliki saya akan membangun daerah saya di Bone dan menjadi contoh yang baik serta membuat bangga jurusan yang terbilang baru di kampus saya ke kancah internasional," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement