Tuesday, 16 Rabiul Akhir 1442 / 01 December 2020

Tuesday, 16 Rabiul Akhir 1442 / 01 December 2020

Peluang Norwegia Amankan Poin

Sabtu 10 Oct 2015 18:48 WIB

Rep: c08/ Red: Fernan Rahadi

Martin Odegaard

Martin Odegaard

Foto: www.mirror.co.uk

REPUBLIKA.CO.ID, OSLO -- Norwegia akan menghadapi laga yang relatih mudah pada lanjutan Kualifikasi Piala Eropa 2016, Ahad (11/10) dini hari WIB. Mereka hanya akan menjamu tim juru kunci Malta yang sudah tidak punya harapan lagi berlaga di Prancis tahun depan. Bertanding di Stadion Ullevaal nanti, tim berjuluk Drillos itu dipastikan akan tampil all out untuk memenangkan laga. Harapannya, pada partai terakhir saat bertandang ke Italia tengah pekan bisa terasa lebih mudah untuk memastikan tiket lolos ke Piala Eropa.

Tim yang kini dilatih oleh Per Mathias Hogmo itu saat ini duduk di peringkat dua klasemen grup H dengan raihan 16 poin, selisih dua angka saja dengan Italia yang berada di puncak. Kemenangan dari Malta juga akan membuka peluang bagi Norwegia mengkudeta posisi Italia, andai saja tim azzurri tersandung di markas Azerbaijan di waktu yang sama.

Pada tengah pekan nanti, keduanya juga akan terlibat bentrok di laga pamungkas untuk menentukan siapa yang berhak menjuarai grup H. akan tetapi, persaingan di grup itu tidak hanya milik Italia dan Norwegia saja, sebab, Kroasia yang berada di peringkat tiga juga masih mempunyai kans untuk lolos langsung ke putaran final mengingat kroasia hanya berselisih satu poin saja dengan Norwegia.

Untuk membungkam Malta, rasanya tidak terlalu sulit bagi Martin Odegaard dan kawan-kawan. Sebab, performa Norwegia terutama di dua laga kualifikasi bulan lalu dinilai cukup baik karena mampu memenangkan laga yang lumayan berat saat mengempaskan tuan rumah Bulgaria dan mengalahkan Kroasia.

Hogmo pun diprediksi akan mengandalkan penyerang sayap Jo Inge Berget yang tampil apik saat mengalahkan Kroasia. Selain itu, insting Berget juga dinilai mampu mengangkat permainan  tim karena pemain 25 tahun itu saat ini juga berstatus sebagai bintang klub Swedia, Malmo FF.

Di lini depan nantinya Berget akan didampingi oleh Odegaard yang saat ini berstatus pemain paling berbakat di sepak bola Norwegia. Tak jarang para pengamat sepakbola memprediksi pemain 17 tahun itu akan punya karier yang cemerlang seperti Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo. “Odegaard masih harus banyak berkembang. Saya yakin dengan bakat alami yang ia miliki,” kata Hogmo dilangsir dari Marca.
 
Selain percaya penuh dengan komposisi pemain di lini depan, pemain 55 tahun itu juga sedikit lega dengan lini pertahanan yang cukup solid di empat laga terakhir Norwegia. Dari empat laga terakhir tersebut, Norwegia selalu mengakhiri laga dengan clean sheet. Terakhir, gawang Norwegia yang dijaga Orjan Nyland mengalami kemasukan gol adalah pada Maret lalu saat kalah dari Kroasia 5-1.

Sementara itu, Malta yang dilatih oleh Pietro Ghedin dinilai sulit untuk membendung permainan Norwegia. Sepanjang 2015 ini saja, Malta sudah mengalami empat kekalahan yang membuat mereka tak mampu bangkit dari dasar klasemen. Hasil yang lumayan baik adalah di laga terakhir bulan lalu saat Malta menahan imbang Azerbaijan 2-2 di markas sendiri.

Meski sudah tidak punya harapan untuk Piala Eropa 2016, Pietro pun menolak untuk pasrah di dua laga sisa. Karena dua laga terakhir menurut dia adalah saatnya untuk menunjukkan kehormatan tim dan jati dirinya sebagai pelatih kepala.

Pietro pun sadar akan kekuatan yang dimiliki oleh tim-tim papan atas grup H. Tapi,  meski kualitas pemain pas-pasan, Pietro tetap yakin Malta bisa mendapatkan hasil yang lebih baik bila anak-anak asuhnya bekerja keras sepanjang laga. “Tidak ada yang tidak mungkin dalam sepak bola. Ini adalah pertandingan untuk menjaga kehormatan kami,” kata Pietro, dilangsir dari Four Four Two.


Prediksi Susunan Pemain

Norwegia (4-4-2)
Pelatih: Per Mathias Hogmo

Penjaga gawang: Nyland
Belakang: Hovland, Forren (tengah), Elabdellaoui (kanan) Hogli (kiri)
Tengah: Johansen, Tettey (gelandang bertahan), Odegaard (sayap kanan) Berget (sayap kiri)
Depan: Soderlund, Henriksen

 
Malta (4-5-1)
Pelatih: Pietro Ghedin

Penjaga gawang: Hogg
Belakang: Agius, Borg (tengah), Muscat (kanan), Camilleri (kiri)
Tengah: Muscat (jangkar) Failla (sayap kiri), Effiong (sayap kanan), Schembri, Briffa (Gelandang serang)
Depan: Mifsud

Lima Pertemuan Terakhir   

11/10/2014    Malta    0-3    Norwegia
22/11/2007    Malta    1-4    Norwegia
3/6/2007    Norwegia    4-0    Malta
9/2/2005    Malta    0-3    Norwegia
8/6/1995    Norwegia    2-0    Malta

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA