Friday, 25 Rabiul Awwal 1441 / 22 November 2019

Friday, 25 Rabiul Awwal 1441 / 22 November 2019

Gaya Belanja Tipe Manakah Kita?

Rabu 07 Oct 2015 10:33 WIB

Red: M Akbar

Atur keuangan keluarga dengan memastikan dua rumus, yakni memiliki komposisi tabungan yang dipotong rutin dari gaji dan cicilan utang yang tidak lebih dari 30 persen penghasilan.

Foto:

Setuju Layyina, Rasulullah SAW adalah seorang rasul yang kaya raya namun hidupnya tidak bergelimangan dengan harta. Beliau mengajarkan umatnya untuk hidup sederhana. Juga ketika kita senantiasa “grateful” Allah akan menambahkan lagi nikmatNya.

Adapun ketika kita ingkar maka sesungguhnya azab Allah sangat pedih (Surah Ibrahim (14):7). Demikian juga ketika kita semakin suka berbagi, Allah akan melipatgandakan ganjaranNya, disebutkan 700 kali lipat (Surah Al-Baqarah (2): 261).

Adapun keluarga tipe ketiga seharusnya dia tidak perlu memaksakan diri, lagipula kulkasnya hanya memberikan kebahagiaan sementara, setelah itu dia gelisah karena kwatir pihak toko akan menyita kulkasnya jika tidak sanggup bayar cicilan. Si ibu seharusnya sibuk berusaha mendapatkan penghasilan yang layak supaya dapat membiayai anaknya kelak, tutup gadis muda berdarah Aceh-Cina ini.

Setuju Layyina, Rasulullah mengajarkan untuk tetap berusaha mencari kehidupan yang lebih baik, tawakal atau berserah diri kepada Allah adalah jawaban terakhir. Pada akhirnya, apapun yang kita miliki ini akan ditanyakan di Yaumul Hisab kelak, darimana harta itu didapatkan dan kemana dibelanjakan?

Maka dari itu, mari kita jadikan episode kali ini sebuah pelajaran buat keluarga kita, yang mungkin jatuh kepada salah satu tipe dari ketiga tipe keluarga di atas. Selaku keluarga yang bermatlamat untuk menuju keuangan yang sakinah, maka seharusnya keluarga kita senantiasa merujuk kepada Al-Qur’an dan Sunnah dalam setiap langkah mengelola keuangannya.  



BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA