Saturday, 3 Jumadil Akhir 1442 / 16 January 2021

Saturday, 3 Jumadil Akhir 1442 / 16 January 2021

Nutrisi dan Gen Juga Pengaruhi Kecerdasan Anak

Jumat 02 Oct 2015 09:13 WIB

Rep: Desy Susilawati/ Red: Indira Rezkisari

Anak makan

Anak makan

Foto: Republika/Prayogi

REPUBLIKA.CO.ID, Untuk mengembangkan kecerdasan anak, selain memberikan stimulasi yang tepat. Juga penting memberikan nutrisi yang tepat. Sebab nutrisi juga merupakan faktor penting yang mampu mendukung kecerdasan anak. Hal tersebut diungkapkan oleh pakar nutrisi anak, dr Endang D.
Lestari SpA(K), MPH.

Ia mengakui nutrisi memang berperan penting dalam kecerdasan anak. Tapi tentu bukan hanya nutrisi anak yang mempengaruhi, tapi juga gen anak.

Nutrisi merupakan salah satu faktor yang sangat penting agar gen kecerdasan ini bisa muncul dan berkembang optimal. Menurutnya nutrisi juga memainkan peran penting dalam membentuk kemampuan belajar anak.

Nutrisi yang diberikan, lanjutnya, haruslah seimbang dan lengkap. Ada karbohidrat, lemak, protein, vitamin dan mineral. Semuanya harus lengkap supaya bersinergi dengan baik. Dan memang ada nutrisi khusus yang spesifik mendukung kecerdasan anak. Misalnya zat gizi seperti protein, alpha-lactalbumin, kalsium, vitamin D serta fosfor sangat penting dalam memastikan pertumbuhan fisik yang baik dan menjadikan anak-anak aktif.

Sedangkan zat gizi seperti AA, DHA, vitamin A, omega-3 dan 6 serta zat besi penting untuk mendukung perkembangan kognitif dan otak anak.

“Tapi seluruh makanan harus dimakan secara seimbang dan lengkap, sehingga bersinergi membangun kepintaran. Bukan hanya satu makanan.  Selain itu harus dikonsumsi secara rutin dan orang tua yang menjadi role model anak,” jelasnya dalam acara talk show bertema #BedaAnakBedaPintar: Memahami Multiple Intellegences dan Peran Nutrisi, di Jakarta, Rabu (1/10).

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA