Tuesday, 10 Syawwal 1441 / 02 June 2020

Tuesday, 10 Syawwal 1441 / 02 June 2020

KPU Indramayu Siapkan Kertas Suara Khusus Bagi Disabilitas

Kamis 01 Oct 2015 23:29 WIB

Rep: Lilis Handayani/ Red: Yudha Manggala P Putra

 Seorang warga memasukkan kertas suara pilpres ke dalam kotak suara di Bali, Rabu (9/7).

Seorang warga memasukkan kertas suara pilpres ke dalam kotak suara di Bali, Rabu (9/7).

Foto: AP/Firdia Lisnawati

REPUBLIKA.CO.ID, INDRAMAYU -- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Indramayu akan menyiapkan kertas suara khusus bagi penyandang disabilitas, terutama tunanetra. Diharapkan, partisipasi penyandang disabilitas dalam pilkada akan tinggi.

''Untuk tuna netra akan disiapkan surat suara dengan huruf braille,'' ujar anggota KPU Indramayu bidang sosialisasi, Fitrahari, di sela acara sosialisasi pilkada 2015 bagi para penyandang disabilitas, Kamis (1/10).

Fitrahari mengakui, belum mengetahui secara pasti jumlah kertas suara khusus dengan huruf braile yang akan dicetak. Pasalnya, pihaknya harus menunggu penentuan daftar pemilih tetap (DPT) yang akan berlangsung pada 2 Oktober 2015.

Fitrahari menyatakan, para penyandang disabilitas memiliki hak politik yang sama untuk menyalurkan pilihannya dalam Pilkada 2015 mendatang. Dia berharap, angka partisipasi mereka akan tinggi untuk menentukan calon bupati dan wakilnya.

Ketua Forum Komunikasi Penyandang Cacat Indramayu, Suprayitno, mengatakan, sekitar 50 persen penyandang disabilitas di Kabupaten Indramayu memiliki hak suara. Dia berharap, mereka tidak golput saat pilkada mendatang.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA