Tuesday, 10 Rabiul Awwal 1442 / 27 October 2020

Tuesday, 10 Rabiul Awwal 1442 / 27 October 2020

Syafi'i Maarif Minta Saudi Buka Diri Soal Pengelolaan Haji

Rabu 30 Sep 2015 15:32 WIB

Red: Esthi Maharani

Jamaah dalam ritual prosesi haji di Mina.

Jamaah dalam ritual prosesi haji di Mina.

Foto: Reuters

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mantan Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Syafi'i Ma'arif meminta Kerajaan Arab Saudi membuka diri dalam pengelolaan haji untuk ditangani secara bersama oleh negara-negara Islam sehingga manajemen haji lebih profesional dan insiden seperti Mina tidak berulang.

"Saudi harus membuka diri kepada negara-negara Muslim lainnya untuk memikirkan ini. Saudi jelas tidak mampu karena sudah terjadi insiden berkali-kali," kata Buya Syafi'i, Rabu (30/9).

Menurut Buya, manajemen perhajian yang dikelola oleh Kerajaan Saudi tergolong sangat buruk. Salah satu indikatornya, sering terjadi insiden yang memakan korban jiwa saat melaksanakan prosesi berhaji.

Syafi'i mengatakan Saudi telah berkali-kali jatuh dalam kesalahan yang sama dan itu tidak segera diperbaiki. Untuk itu, Saudi harus segera berbenah dengan membuka diri dalam manajemen hajinya, termasuk merombak pola informasi ke media yang cenderung tertutup, sebagaimana insiden Mina.

"Karena sistem pemerintahan yang monarki absolut sehingga ada informasi-informasi yang cenderung ditutup-tutupi," kata dia.

Syafi'i juga meminta kepada pemerintah Indonesia menekankan pendekatan diplomasi yang lebih intensif lagi dengan Saudi soal perbaikan manajemen haji. Tujuannya untuk menjamin keselamatan jamaah haji di Tanah Suci, terutama jamaah asal Indonesia.

Soal manajemen haji yang dikelola oleh Organisasi Kerja Sama Islam (OKI), Syafi'i menyambut baik karena hal itu merupakan salah satu upaya memperbaiki pelayanan haji.

Kendati demikian, Buya memberi catatan agar OKI lebih independen untuk mengakomodasi sumbangsih negara anggota, atau tidak terlalu condong kepada pengelolaan haji yang didominasi oleh Arab Saudi.

sumber : antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA