Ahad 27 Sep 2015 10:44 WIB

Olahraga 5 Jam Sepekan Kurangi Risiko Kanker Payudara

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Winda Destiana Putri
Kanker payudara
Foto: Eric Ireng/Antara
Kanker payudara

REPUBLIKA.CO.ID, Sebuah studi baru dari JAMA Onclology terhadap sejumlah responden bertujuan untuk mengetahui informasi tambahan tentang kanker payudara.

Mereka diminta berolah raga selama lima jam atau 300 menit dalam sepekan selama setahun.

Dilansir dari Glamour, Sabtu (26/9) berat badan responden ini tidak begitu signifikan mengalami penurunan. Akan  tetapi, mereka terhindari dari risiko kanker payudara dibandingkan mereka yang hanya olah raga 150 menit sepekan.

Satu alasan utamanya adalah olah raga membakar banyak lemak. Kaum wanita menyimpan lemak lebih banyak di dalam tubuhnya, terutama di sekitar perut mereka. Jaringan lemak adalah sumber hormon yang berkontribusi utama terhadap kanker payudara.

Kelebihan lemak bisa mengubah sistem kekebalan tubuh dan menimbulkan lebih banyak peradangan. Kabar baiknya adalah olah raga tersebut tidak harus di gym atau pusat fitness.

Aktivitas sederhana, seperti berjalan dan bersepeda sebanyak 300 menit per pekan juga berdampak sama. Berolah raga 150 menit saja sepekan membantu menjaga tekanan darah, kolesterol seimbang, dan mencegah penyakit jantung.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement