Ahad , 27 Sep 2015, 00:33 WIB

Kementan-IPB Siasati Bibit Padi di Segala Musim

Red: Dwi Murdaningsih
Kementan
panen padi di kabupaten Karawang.
panen padi di kabupaten Karawang.

REPUBLIKA.CO.ID, ​KARAWANG -- Kementrian Pertanian bersama dengan IPB bekerja sama menyediakan varietas padi yang tahan terhadap setiap kondisi. Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman mencontohkan untuk musim kemarau IPB telah menghasilkan varietas 3S. Hal ini penting agar hasil panen yang dihasilkan bisa mencapai target untuk mendukung swasembada pangan.

"Pada kondisi kering sudah disediakan Varietas IPB 10S yang memeiliki keunggulan dan tahan atas musim kering, dan ini sudah disiapkan oleh pihak peneliti IPB," ujar Mentan, saat panen padi di Karawang, akhir pekan ini, Jumat (25/9).

Sementara untuk musim penghujan, Mentan mengakui bahwa saat ini juga IPB sudah disediakan Varietas yang tahan terhadap banjir. Semua varietas benih padi tersebut kedepannya akan di didisteribusikan ke sejumlah tempat yang ada di seluruh titik yang ada di seluruh Indonesia. Dia meminta Karawang sebagai salah satu daerah lumbung padi segera menyongsong musim tanam untuk mendukung target produksi beras nasional.

"Varietas yang tahan terhadap banjir juga ada, sudah disediakan dari hasil penelitian IPB, Varietas impara 30S,"ujarnya.

Plt. Bupati Karawang, Cellica Nurachadiana yang ikut dalam panen padi tersebut mengatakan pihaknya siap untuk segera melakukan penanaman padi lagi. Hal ini demi mendukung program pencapaian swasembada pemerintah dan menjadikan sektor pertanian di Kabupaten terdepan dalam menyumbang pendapatan asli daerah (PAD).

"Selama ini sektor industri menjadi primadona di daerah Karawang, namun hal itu tidak berdampak pada peningkatan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat. Namun, sektor pertanian lah yang bisa mengangkat perekonomian mayarakat dan PAD kami," kata Cellica.

Hadir dalam panen raya padi tersebut Korem 063 Sunan Gunung Jati, Kol. Inf. Sutjipto, Direktur Jenderal Tanaman Pangan, Hasil Sembiring, Kepala Badan Karantina Pertanian, Banun Harpini dan Pakar Ekonomi Pertanian IPB, Hermanto Siregar, Pakar Budidaya Pertanian, Ernan Rustiadi.

Video

Setjen DPR RI Komit Berdayakan Perempuan