Senin 21 Sep 2015 21:12 WIB

Cara Ampuh Obati Kanker Hati Selain Operasi

Rep: C39/ Red: Winda Destiana Putri
Penderita hepatitis akut yang telah mencapai fase sirosis dan kanker hati (ilustrasi)
Foto: Republika/Yogi Ardhi
Penderita hepatitis akut yang telah mencapai fase sirosis dan kanker hati (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Jenis Pengobatan kanker hati tergantung pada stadium penyakit hati, fungsi hati, kondisi kesehatan, dan usia pasien. Penemuan kanker pada tahap awal di tubuh Anda memungkinkan untuk dilakukan operasi kuratif.

Jika sebagian hati sehat dan kanker terbatas pada area yang terlokalisasi, bedah dapat dilakukan untuk membuang bagian-bagian yang terjangkit kanker. Namun, pada tahap awal, pengobatan selain jalan operasi mungkin juga dapat mengendalikannya dan memberikan kualitas hidup yang lebih baik pada pasien.

Berikut pengobatan kanker hati selain melakukan operasi, menurut Ahli Bedah Transplantasi dari Asia American Liver Centre, dr Cheah Yee Lee seperti yang ditulis dalam materi diskusi tentang operasi kuning di Hotel Pullman Jakarta, belum lama ini.

Embolisasi Transarterial (Tace)

Cara ini melibatkan injeksi langsung obat ke dalam kanker melalui arteri hepatica. Hal ini dapat mengontrol atau bahkan dapat menyebabkan penyusutan tumor.

Ablasi Radio-Frequency (RFA)

Cara ini memberikan panas ekstrim yang dihasilkan oleh listrik untuk menghancurkan sel-sel kanker. Hal ini dilakukan melalui panduan teknik pencitraan (CT scan atau USG) atau intra-operatif.

Injeksi Bidang Radioaktif

Cara ini memberikan radiasi langsung ke tumor. Menurut pakar kesehatan cara ini sedikit membantu ketimbang operasi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement