Kamis 17 Sep 2015 07:35 WIB

Mengobati Kanker dengan Herbal, Apa Kata Dokter?

Rep: MGROL 47/ Red: Indira Rezkisari
Obat Herbal mulai banyak dipilih sebagai alternatif penyembuhan.
Foto: Teguh Indra/Republika
Obat Herbal mulai banyak dipilih sebagai alternatif penyembuhan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kini, mereka yang sakit bisa dengan mudah menemukan informasi seputar obat herbal dari bahan-bahan alami. Misalnya, obat dari ekstrak kulit buah tertentu atau dari akar tanaman. Bahkan pengobatan herbal ini disebut bisa menyembuhkan kanker.

Dr Andhika Rachman, SpPd, spesialis penyakit dalam dari Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) mengatakan ia sering memiliki pasien kanker yang datang berkonsultasi dengannya, namun menjalani juga berbagai pengobatan alternatif. Ia tidak melarang dan merasa tidak masalah dengan apa yang dilakukan pasiennya.

Akan tetapi dokter hanya ingin pasiennya lebih teliti dan bijak pada pengobatan herbal. Agar justru tidak memberi dampak yang lebih buruk.

“Saya akui memang banyaknya info kandungan-kandungan senyawa rahasia yang bisa menyembuhkan kanker dari buah atau sayuran tertentu. Sebagian besar benar adanya. Namun semua itu harus diteliti lebih jauh lagi karena efek herbal pada satu orang belum tentu sama dengan orang lain dan belum ada standar dosisnya agar kandungan tersebut efektif,” Ucap dr Andhika, beberapa waktu lalu.

Saat ini beberapa obat herbal sedang naik daun. Seperti obat herbal dari kulit manggis sampai daun sirsak. Sang dokter mengatakan, bila kekuatan penelitiannya baru sebatas dilakukan pada tikus laboratorium, maka sebenarnya belum tentu berhasil pada manusia.

"Tapi ingat, di sini bukan saya melarang atau tidak percaya, jika para pasien dan penderita sakit kanker masih ingin memakai obat-obat herbal silahkan itu tidak akan menjadi masalah," kata dr Andhika.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement