Monday, 6 Sya'ban 1441 / 30 March 2020

Monday, 6 Sya'ban 1441 / 30 March 2020

Anggy Umbara Pastikan Garap Film 'Bumi Manusia'

Rabu 16 Sep 2015 09:10 WIB

Red: Hazliansyah

Sutradara film

Sutradara film "Mama Cake" Anggy Umbara berbicara saat gala premiere film Mama Cake di Kampus Trisakti, Grogol, Jakarta Barat, Senin (10/9).

Foto: Republika/Agung Supriyanto

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Salah satu sutradara sukses tanah air, Anggy Umbara memastikan bakal memfilmkan salah satu novel karya sastrawan terbaik Indonesia, Pramoedya Ananta Toer, "Bumi Manusia".

Sutradara yang sukses dengan sejumlah film seperti "Comic 8" ini akan bekerja sama dengan rumah produksi Falcon Pictures dalam menggarap adaptasi novel tersebut.

"Jadi Falcon (rumah produksi) udah beli rights (hak memfilmkan) novel dari tahun lalu. Dan sudah ada pembicaraan sejak (pengerjaan) Comic 8," ujar Anggy Umbara kepada wartawan, Selasa (15/9) di Jakarta.

Menurut Anggy, saat ini proses pengerjaan masih dalam tahap pengembangan cerita.

"Saat ini masih developping, besok mau meeting lagi," kata dia.

Dipercaya menjadi sutradara yang bakal memfilmkan salah satu karya sastra terbaik tanah air tentu jadi hal membanggakan bagi Anggy.

"Excited banget tentunya, karena itu salah satu karya sastra terbaik," ujarnya.

Bumi Manusia adalah buku pertama dari Tetralogi Buru karya Pramoedya Ananta Toer. Novel ini pertama kali diterbitkan pada 1980.

Buku ini ditulis oleh Pramoedya saat mendekam di Pulau Buru. Setelah diterbitkan buku ini kemudian dilarang beredar. Namun sebelumnya buku ini telah sukses dengan 10 kali cetak ulang dalam kurun waktu 1980-1981.

Buku ini melingkupi masa kejadian antara tahun 1898 hingga 1918 dimana muncul pemikiran politk etis dan masa awal periode Kebangkitan Nasional.

Sebelum Anggy Umbara, rencana memfilmkan Bumi Manusia juga pernah diungkapkan oleh Mira Lesmana serta Garin Nugroho. 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA