Ahad 13 Sep 2015 23:13 WIB

Lorenzo Apes, Marc Marquez Perkasa di GP San Marino

Rep: C17/ Red: Bayu Hermawan
Marc Marquez
Foto: REUTERS/Hannibal Hanschke
Marc Marquez

REPUBLIKA.CO.ID, ITALIA -- Setelah sempat beberapa kali masuk pit stop untuk mengganti ban motornya akibat cuaca yang berubah-ubah, pembalap Repsol Honda, Marc Marquez menjadi pemenang MotoGP San Marino.

Sedangkan sang pemuncak klasemen sementara Valentino Rossi finis di urutan kelima. Nasib kurang baik pun di alami rekan setimnya, Jorge Lorenzo yang jadi pesaing terdekat harus terjatuh di tengah lap.

Dalam balapan di Misano, Ahad (13/9) malam WIB, faktor cuaca yang berubah-ubah membuat balapan jadi sukar ditebak dan amat sengit akibat silih bergantinya para rider masuk pit untuk mengganti motor dan bannya.

Di akhir balapan Marquez jadi pemenang diikuti oleh dua rider Inggris Raya, Bradley Smith dari Yamaha Tech 3 dan Scott Redding yang membela Marc VDS. Lantas hal ini menjadi kemenangan pertama Marquez di Misano, capaian terbaik Smith setelah finis ketiga di Phillip Island, dan podium perdana Redding di MotoGP.

Sementara itu Rossi, yang menjalani balapan kandangnya, harus puas finis di posisi lima. Tetapi ia boleh jadi tak kecewa berat lantaran rekan setim sekaligus rival terdekatnya, Lorenzo, terjatuh dan gagal finis.

Hasil tersebut membuat Rossi masih memimpin klasemen sementara MotoGP dengan 247 poin, diikuti Lorenzo yang terpaku pada raihan 224 poin. Marquez menempati posisi tiga dengan 184 poin.

Saat start dimulai Lorenzo langsung tancap gas untuk memimpin balapan. Rossi sementara itu berusaha mendekati Marquez yang juga start tak kalah baik dan mempertahankan posisi dua.

Masih di putaran pertama, Pedrosa sudah berusaha mengancam Rossi yang menempati posisi tiga. Selesai satu putaran rintik hujan terlihat mulai turun. Peringatan pun diberikan dan setiap tim terlihat mulai bersiaga dengan menyediakan motor pengganti di pit.

Memasuki putaran ketiga posisi Lorenzo di depan masih belum diganggu gugat walaupun Marquez terus mengekor di belakangnya. Rossi masih di posisi tiga dengan Pedrosa terus membayanginya.

Pada putaran kedelapan Lorenzo, Marquez, dan Rossi masuk pit. Lorenzo dan Marquez keluar beriringan, melanjutkan persaingan. Rossi sedikit tertinggal di belakangnya. Setelah itu Lorenzo kurang mulus dalam menikung dan membuat Marquez berhasil menyalipnya. Marquez pun memimpin balapan dengan diikuti Lorenzo dan Rossi secara berturut-turut di posisi dua dan tiga.

Pada putaran 11 Marquez terus mengekor kian dekat di belakang Lorenzo yang masih memimpim balapan. Rossi tak berada jauh di belakang keduanya, siap memberi ancaman. Memasuki putaran berikutnya jarak Lorenzo, Marquez, dan Rossi kian dekat saja walau belum ada perubahan posisi

Dengan balapan menyisakan 15 putaran lagi, sejumlah rider mulai melakukan pergantian motor. Sementara itu usaha Marquez menyalip Lorenzo tidak berakhir positif. Dalam usahanya itu Marquez malah kehilangan posisi dua akibat disalip Rossi.

Ketika balapan menyisakan 10 putaran lagi Marquez masuk pit. Hal ini sempat membuat ia kehilangan posisi dengan Petrucci kini ada di posisi tiga. Setelah itu Lorenzo masuk pit untuk mengganti ban dengan delapan putaran tersisa. Rossi masih bertahan di atas lintasan dengan ban untuk kondisi lintasan basah.

Nasib sial kala ini di alami Lorenzo, dirinya tergelincir ketika menikung dan berakhir di gravel. Dengan lima balapan tersisa, Rossi ada di posisi lima. Di depannya ada Scott Redding, Loris Baz, Bradley Smith, dan pemimpin balapan sementara Marquez.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement