Wednesday, 8 Syawwal 1445 / 17 April 2024

Wednesday, 8 Syawwal 1445 / 17 April 2024

Ketua MPR Sampaikan Bela Sungkawa untuk Korban Musibah Crane

Ahad 13 Sep 2015 11:19 WIB

Rep: Eko Supriyadi/ Red: Angga Indrawan

Zulkifli Hasan

Zulkifli Hasan

Foto: Yasin Habibi/Republika

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --Ketua MPR RI Zulkifli Hasan, menyampaikan rasa duka yang mendalam atas musibah yang menimpa para jemaah yang akan menunaikan ibadah haji. Rasa duka itu juga disampaikan untuk tujuh jemaah haji Indonesia yang meninggal dunia dan puluhan menderita luka-luka di Masjidil Haram, Makkah, Jumat (11/9) malam waktu Makkah.

"Kepada para keluarga korban yang meninggal dunia, saya mengucapkan rasa  bela sungkawa yang sedalam-dalamnya, dan kepada kelurga korban yang menderita luka-luka. Saya  menyampaikan rasa simpati yang mendalam dan berdoa semoga cepat sembuh, serta  dapat menunaikan ibadah haji," kata Zulkifli, di Jakarta Ahad (13/9)

Angin kencang dan hujan deras menjungkalkan mobile crane yang berada di halaman bagian timur Masjidil Haram, Makkah, Arab Saudi, pada Jumat (11/9). Menara crane itu menimpa bangunan Masjidil Haram, tepatnya di atas sisi masa'a atau tempat melakukan sa'i.

Selanjutnya, sebagian dari menara crane itu menghancurkan keramik pada dinding salah satu pilar Masjid. Lalu, crane terjatuh ke pinggir area mataf. Tepatnya, di penghubung area mataf dan masa'a.

Akibatnya, 107 jamaah haji dari berbagai negara wafat, termasuk tujuh orang dari Indonesia. Sebanyak 41 jamaah dari Indonesia juga mengalami luka karena insiden tersebut. 

Hingga Ahad (13/9) dini hari waktu Arab Saudi, 30 orang masih dirawat di rumah sakit Arab Saudi, seorang jamaah dirawat di Balai Pengobatan Haji Indonesia (BPHI) Makkah, dan sepuluh orang lainnya sudah kembali ke pemondokan atau kelompok terbangnya. 

 

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 
 
Terpopuler