Thursday, 9 Sya'ban 1441 / 02 April 2020

Thursday, 9 Sya'ban 1441 / 02 April 2020

Almond Keju dengan Saus Plum yang Mudah Dibuat

Jumat 04 Sep 2015 13:42 WIB

Red: Indira Rezkisari

Buah plum bisa diolah sebagai saus untuk dituang ke atas pastry almond.

Buah plum bisa diolah sebagai saus untuk dituang ke atas pastry almond.

Foto: ist

REPUBLIKA.CO.ID, Makanan penutup yang manis adalah selingan menyenangkan jika Anda mengalami hari berat selama sepekan. Dengan bahan pastry yang ringan dan adonan saus plum yang segar, ditambah keju ricotta lezat, kue almond ini layak membuka akhir pekan Anda.

Popularitas pastry (campuran air, tepung, dan minyak yang renyah) lambat laun, semakin meningkat. Jika dulu kita hanya mengenal pastry dalam bentuk croissant atau sosis brood, kini, lembaran kue tipis ini bisa diolah dengan berbagai bahan. Misalnya, dipadu dengan keju ricotta ala Italia dan disajikan dengan saus plum bercita rasa rhubarb (batang berdaun khas Siberia).

Penyajian: 8 porsi

Waktu persiapan: 20 menit

Waktu memasak: 45 menit

Tingkat Kesulitan: mudah

 

Bahan-bahan:

Almond Pastry

• 4 lembar pastry filo (pastry yang sangat tipis), lalu disimpan dalam suhu kamar

• semprotan masak

• 20 gr gula

• 50 gr almond tabur

• gula halus untuk taburan 

 

Saus plum (dengan rhubarb)

• 500 gr plum matang, dipotong setengah dan bijinya diambil

• 250 gr batang rhubarb, dipangkas, dan potong dadu kecil-kecil (bisa diganti dengan ceri atau raspberi)

• 250 ml jus black currant dan apel, jangan ditambah gula

• 1 batang vanili

 

Isian keju (ricotta)

• 150 gr ricotta rendah lemak

• 100 gr krim keju rendah lemak 

• 50 gr gula kastor

 

Cara memasak

Untuk kue almond: Panaskan oven sampai 180 derajat celcius. Alasi cetakan dengan kertas roti. Taruh satu lembar pastry filo di atas talenan bersih dan semprot pastry dengan semportan masak secara pelan-pelan. Taburi almond di atas kue, lalu taburi sedikit gula merah. Tutup dengan selembar pastry dan ulangi proses ini, lakukan hal yang sama dengan lembaran pastry lainnya. Taruh lembar terakhir kue di atas dan kemudian potong kue menjadi kotak yang sama besar, lalu potong setengah dengan bentuk diagonal agar terbuat segitiga. Panggang dalam oven sampai berwarna cokelat keemasan, selama kurang lebih 10 menit. Ambil pastry dari oven dan taburi dengan taburan gula halus.

 

Untuk saus: Tempatkan semua bahan ke dalam panci, taruh di atas kompor dan didihkan. Kurangi panas agar tak cepat mendidih lalu biarkan masak hingga kental dan manis. Ambil batang vanili ketika memasak hampir usai dan campurkan hingga teksturnya menjadi lebih halus, kemudian saring dan tempatkan di panci bersih dan hangatkan kembali. (Jika saus terlalu asam, bisa ditambahkan sedikit gula ke dalamnya)

 

Untuk isian: Taruh keju ricotta dan gula dalam mangkuk lalu aduk hingga halus dengan mixer sampai gula larut. Tambahkan krim keju dan campurkan dengan baik. Tempatkan di lemari es sampai siap untuk digunakan.

 

Untuk penyajian: Di atas piring, taruh satu segitiga kue almond dan kemudian di atasnya beri 1 sdt adonan ricotta dingin. Lapisi kembali dengan segitiga kedua dan 1 sdt ricotta, dan taruh segitiga ketiga di atasnya. Tuangkan saus plum hangat di dasar piring dan sajikan segera.

 

Selamat memasak dan menikmati akhir pekan!

sumber : http://australiaplus.com/indonesian/2015-09-04/resep-akhir-pekan-kue-almond-keju-dengan-saus-plum/1489138
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA