Rabu 02 Sep 2015 15:12 WIB

Irman Gusman: Indonesia Belum Bisa Disebut Negara Maritim

Rep: Eric Iskandarsjah Z/ Red: Dwi Murdaningsih
Keamanan maritim RI (ilustrasi)
Keamanan maritim RI (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Indonesia ditakdirkan sebagai negara kepulauan. Namun, hal itu tidak secara otomatis membuat Indonesia menjadi negara maritim. Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI Irman Gusman mengatakan, saat ini, Indonesia belum dapat disebut sebagai negara maritim.

Menurutnya, negara maritim adalah negara yang telah berhasil mengoptimalkan seluruh potensi maritimnya. Meskipun Indonesia memiliki potensi maritim, sayangnya, potensi itu belum digali secara optimal.

"Potensi maritim harus dioptimalkan," ujar dia saat melakukan Orasi Ilmiah bertema Memajukan Maritim Untuk Kejayaan Indonesia pada Sidang Terbuka dalam rangka Dies Natalis ke-52 Institut Pertanian Bogor (IPB), di Bogor, Jawa Barat, Rabu (2/9).

Ia menilai, dengan adanya optimalisasi potensi maritim, hal ini juga akan menjawab persoalan pemerataan pertumbuhan di Indonesia. "Saat ini biaya logisitik di beberapa daerah tidak merata. Hal ini karena belum optimalnya jaringan distribusi, terutama jaraingan distribusi melalui jalur laut," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement