Jumat 28 Aug 2015 14:40 WIB

Anggaran Pendidikan Jadi Perhatian Dunia

Rep: c13/ Red: Dwi Murdaningsih
Pelajar protes pemotongan anggaran pendidikan
Foto: abc news
Pelajar protes pemotongan anggaran pendidikan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --  Indonesia terpilih menjadi salah satu anggota komisi pendidikan dunia. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan mengatakan, tantangan yang akan dihadapi komisi pendidikan ini tidak mudah. Hal ini karena permasalahan pendidikan masing-masing negara dunia berbeda.

Anies mengatakan salah satu permasalahan di dunia pendidikan adalah mengenai anggaran pendidikan, terutama di negara berkembang. Sebab, di negara berkembang alokasi anggaran pendidikan justru mengalami penurunan. "Kalau enggak salah dua atau tiga dekade alokasi pendidikan secara total dunia meningkat,” ungkap Anies, Jumat (28/8).

Menurut Anies, kondisi demikianlah yang menjadi salah satu perhatian Komisi Pendidikan Dunia.  Jika dibiarkan, lanjut dia, maka jarak antara negara-negara itu semakin besar. Oleh sebab itu, Anies mengungkapkan, komisi pendidikan itu perlu dibentuk. Dengan keterlibatan Indonesia pada komisi ini, Anies menilai Indonesia akan memberikan manfaat. Dalam hal ini, tambahnya, manfaat untuk di dalam negeri maupun di dunia internasional.

Sebelumnya, pertemuan KTT di Norwegia telah membentuk komisi pendidikan dunia. Komisi ini, kata dia, diketuai oleh Mantan Perdana Menteri Inggris, Gordon Brown. Pada komisi ini terdapat lima anggota termasuk Indonesia, yakni Malawi, Chili, Norwegia dan Dirjen UNESCO.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement