Friday, 9 Rabiul Akhir 1441 / 06 December 2019

Friday, 9 Rabiul Akhir 1441 / 06 December 2019

Lima Hal yang Bantu Cegah Gagal Ginjal

Kamis 27 Aug 2015 12:54 WIB

Rep: C04/ Red: Indira Rezkisari

  Maskot Ginjal berjalan saat melakukan kampanye pada hari ginjal sedunia di Bundaran HI, Jakarta, Kamis (14/3).   (Republika/ Tahta Aidilla)

Maskot Ginjal berjalan saat melakukan kampanye pada hari ginjal sedunia di Bundaran HI, Jakarta, Kamis (14/3). (Republika/ Tahta Aidilla)

REPUBLIKA.CO.ID, Mereka yang mengalami masalah penyakit gagal ginjal harus selalu dipantau konsumsi makanan dan minumannya. Walau begitu menurut dr. Sunny SpPD bagi yang belum menderita penyakit ini baiknya perlu memperhatikan hal-hal berikut ini guna mencegah penyakit gagal ginjal menyerang tubuh.

Mengendalikan penyakit primer

Penyakit primer yang dimaksud adalah seperti diabetes, tekanan darah tinggi, dan juga penyakit jantung. Penyakit ginjal merupakan salah satu penyakit sekunder akibat dari penyakit-penyakit primer yang  mendasarinya tersebut. Maka penting untuk mengendalikan dan mengontrol penyakit primer agar tidak menjadi komplikasi pada ginjal.

Mengurangi makanan yang mengandung garam

Natrium atau garam yang tinggi bukan hanya bisa menyebabkan tekanan darah naik, namun juga akan memicu terjadinya proses pembentukan batu ginjal yang bisa mengganggu cara kerja ginjal.

Minumlah banyak air setiap harinya

Air adalah salah satu komponen makanan yang diperlukan tubuh agar bisa terhindar dari dehidrasi. Selain itu, air juga bisa berguna dalam membantu mengeluarkan racun dari dalam tubuh dan akan membantu untuk mempertahankan volume serta konsentrasi darah. selain itu juga bisa berguna dalam memelihara sistem pencernaan dan membantu mengendalikan suhu tubuh. 

Jangan menahan buang air kecil

Penyaringan darah merupakan salah satu fungsi yang paling utama yang dimiliki ginjal. Di saat proses penyaringan berlangsung, maka jumlah dari kelebihan cairan akan tersimpan di dalam kandung kemih dan setelah itu harus segera dibuang. Sebaiknya jangan pernah menahan buang air kecil. Hal ini akan berdampak besar pada terjadinya proses penyaringan ginjal.

Kurangi konsumsi makanan berlemak

Terlalu banyak mengonsumsi makanan berlemak akan membuat ginjal sebagai penyaring zat racun akan bekerja lebih berat dari biasanya. Untuk itu sebaiknya mulailah mengatur pola makan dengan baik, agar gizi dan nutrisi tetap terpenuhi dan ginjal menjadi tetap sehat. 

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA