Thursday, 14 Safar 1442 / 01 October 2020

Thursday, 14 Safar 1442 / 01 October 2020

ANRI Pamerkan Arsip 70 Tahun Indonesia Merdeka

Selasa 25 Aug 2015 19:31 WIB

Rep: Dyah Ratna Meta Novia/ Red: Dwi Murdaningsih

Fotro proklamasi kemerdekaan RI hasil jepretan Alexius Impurung Mendur

Fotro proklamasi kemerdekaan RI hasil jepretan Alexius Impurung Mendur

Foto: .

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) menyelenggarakan Pameran Arsip bertema Ayo Kerja 7O Tahun Indonesia Merdeka di Gedung Arsip Nasional RI Jalan Gajah Mada Nomor 111 Jakarta Barat. Khazanah Arsip  yang ditampilkan meliputi arsip persiapan kemerdekaan Indonesia, arsip foto pekerja atau pegawai pribumi di masa lampau, arsip mengenai kebijakan ketenagakerjaan dan arsip-arsip penting mengenai berdirinya republik ini.

Kepala Sekretariat Presiden Republik Indonesia Darmansjah Djumala mengatakan, tema Ayo Kerja yang diangkat ANRI tepat. "Tema ini  menjadi ikon dari HUT Kemerdekaan tahun ini yang  mencerminkan upaya Bapak Presiden dan Pemerintah Republik Indonesia untuk senantiasa berbuat dan berkerja sehingga kita dapat melakukan yang terbaik bagi bangsa," katanya, Selasa, (25/8).

Makna arsip, ujar dia, merupakan dokumen yang menyimpan perjalanan peradaban bangsa. Arsip adalah telling picture, telling document seperti kata orang Let’s the picture talk to you artinya biarkan gambar-gambar, arsip-arsip ini bercerita kepada kita sekalian tentang peradaban bangsa.

Acara pameran arsip ini dibuka oleh Kepala ANRI yang ditandai dengan pemukulan gong. Kepala ANRI Mustari Irawan mengatakan, tujuan pameran ini agar masyarakat bisa belajar tentang sejarah. "Hal yang jauh lebih penting adalah kita bisa menarik pelajaran dari masa lalu."

Dalam pameran, terang Mustari, ada arsip masa kemerdekaan dan arsip setelah kemerdekaan. Arsip-arsip tersebut memberikan gambaran tentang etos kerja bangsa kita. Pameran arsip ini berlangsung mulai tanggal 25-28 Agustus 2015. Terbuka untuk umum dan gratis.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA