Selasa 25 Aug 2015 06:43 WIB
Adab Hubungan Intim

Awas! Jangan Buang Kondom Sembarangan

Rep: C39/ Red: Winda Destiana Putri
Kondom
Kondom

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bagi hubungan suami istri yang tidak ingin mempunyai anak karena alasan tertentu, biasanya menggunakan kondom. Namun, menurut pakar, kondom tidak boleh dibuang sembarang.

Hal ini dikatakan oleh dr. Boyke Dian Nugraha bahwa kondom itu tidak boleh dibuang sembarangan, karena berdampak pada hal-hal lain. Ada cara-cara tertentu untuk membuang kondom. "Tidak boleh dibuang di kloset," ujar dia kepada ROL, belum lama ini.

Menurutnya, cara yang terbaik setelah menggunakannya, cuci kondom itu kemudian sediakan gunting, dan guntinglah menjadi kecil-kecil baru buang ke kloset.

Ia menambahkan, sering sekali kondom dibuang di kloset, sehingga terjadi pemampatan, bahkan pada beberapa apartemen sampai jebol sistem drainasenya karena tersumbat oleh kondom.

Sementara, menurut Psikolog seksual Zoya Amirin, membuang kondom sembarangan tidaklah bahaya secara kesehatan. "Gak bahaya, tapi ini gak etis saja, karena ini ada nilai etikanya. Selain itu ini menunjukkan hegenitas juga, jadi kebersihan kita," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement