Selasa 25 Aug 2015 02:50 WIB

Mata Berlensa Kontak Tetap Sehat, Ini Caranya

Lensa kontak
Foto: eyespot
Lensa kontak

REPUBLIKA.CO.ID, Sebuah jajak pendapat yang dilakukan oleh Pusat Kontrol dan Penanggulangan Penyakit terhadap 1.000 orang dewasa menemukan bahwa 99 persen di antara mereka telah melanggar satu aturan pasti dalam pemakaian lensa kontak. Jumlah pengguna lensa kontak telah terus-menerus tumbuh lebih dari 20 tahun yakni 3,5 juta orang di Inggris dan 30 juta di Amerika Serikat.

Laporan tersebut menemukan sejumlah praktik berbahaya tapi umum dilakukan seperti tidak membersihkan lensa kontak dengan benar. Kebiasaan buruk tersebut dapat mengakibatkan infeksi mata parah seperti keratitis atau peradangan pada kornea yang menyebabkan kebutaan.

Lalu, bagaimana cara mengurangi risiko infeksi saat memakai lensa kontak? Berikut rekomendasinya, seperti dikutip dari Dailymail.

1. Cuci tangan dengan sabun dan air secara menyeluruh dan keringkan seelum menyentuh lensa kontak 

2. Lepaskan lensa kontak sebelum tidur, mandi atau berenang 

3. Gosok atau cuci lensa kontak dengan larutan desinfektan setiap kali dilepas 

4. Bersihkan wadah dengan larutan dan simpan terbalik setiap habis pakai Riset di Australia juga menemukan kebersihan yang baik sangat penting menghindari infeksi.

Riset tersebut menemukan bahwa orang-orang lima kali lebih mungkin mendapat infeksi jika mereka membeli lensa kontak dari Internet karena lebih sedikit peringatan untuk menjaga lensa dalam keadaan bersih.

 

 

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement