Sunday, 4 Jumadil Akhir 1442 / 17 January 2021

Sunday, 4 Jumadil Akhir 1442 / 17 January 2021

Goyang Lidah dengan Blitong Khas Afsel

Senin 24 Aug 2015 06:26 WIB

Rep: MGROL44/ Red: Winda Destiana Putri

Blitong

Blitong

Foto: Google

REPUBLIKA.CO.ID, Bagi Anda yang berniat mengunjungi Afrika Selatan, jangan hanya terpaku pada keindahan alam dan beragam binatang buas yang terdapat di negara paling selatan benua hitam ini.

Namun intip kuliner khas Benua Afrika yang dapat menggoyang lidah Anda salah satunya adalah blitong. Blitong sendiri merupakan daging sapi khas Afrika Selatan yang dikeringkan hanya dengan udara, tanpa dijemur atau diasap.

"Daging ini dipotong memanjang, kemudian digantung dalam ruangan khusus dengan sirkulasi udara yang ideal, ujar Wakil Menteri Pariwisata Thokozile Xasa saat ditemui ROL.

Sebelum dijemur daging ini diberi garam dan rempah untuk memberikan rasa yang sangat gurih. Dibutuhkan waktu sekitar 20 hari sampai satu bulan untuk mendapatkan Blitong yang siap untuk dimakan.

Dikatakan lebih lanjut daginng ini memiliki rasa yang unik dan empuk, namun tekstur daging sapi masih terasa. "Mungkin kalau di Indonesia juga bisa menjadi lauk yang sedap dilengkapi dengan sepiring nasi," ujar Thokozile Xasa sambil tertawa.

Makanan khas ini dijual hampir di seluruh penjuru Afsel. Mulai dari toko pinggiran jalan sampai perusahaan pemasok daging semua memproduksinya. "Ada yang bermerek dan ada juga yang tradisional, masih buatan warga setempat," tutup wanita berambut lurus ini.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA