Monday, 6 Sya'ban 1441 / 30 March 2020

Monday, 6 Sya'ban 1441 / 30 March 2020

Pasangan Emas Olimpiade Ini Bertanding Bulu Tangkis Melawan Robot

Ahad 23 Aug 2015 10:53 WIB

Rep: Yulianingsih/ Red: Bilal Ramadhan

Pasangan Emas Bulutangkis Indonesia, Susi Susanti dan Alan Budikusuma saat mempersembahkan medali emas untuk Indonesia pada Olimpiade London 2012.

Pasangan Emas Bulutangkis Indonesia, Susi Susanti dan Alan Budikusuma saat mempersembahkan medali emas untuk Indonesia pada Olimpiade London 2012.

Foto: Istimewa

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Atlet badminton Indonesia yang pernah juara dunia, Susi Susanti dan Alan Budikusuma bermain badminton bersama robot di ajang Robocon 2015 di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), Ahad (21/8).

Susi berpasangan dengan robot begitu pula Alan. Mereka bertanding berlawanan dengan pasangan masing-masing satu robot. Susi bersama pasangannya robot mengalahkan Alan dan robot pasangannya dalam satu kali smes tajam.

Pertandingan legenda bulutangkis Indonesia ini menandai dibukanya ajang Robocon 2015 di UMY. Robocon kali ini mengambil tema Robominton yaitu kontes robot yang bermain badminton. Event ini diikuti 19 tim dari 18 negara di dunia. Indonesia sebagai tuan rumah mengirimkan dua tim yaitu tim ITB dan Politeknik Batam.

Ajang Robocon 2015 merupakan event tahunan yang digelar Assosiasi Broadcastin United (ABU) Asia-Pasifik. Event tahun ini dibuka secara resmi oleh Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara.

"Pertandingan ini memanh agak berbeda dengan kompetisii badminton pada umumnya. Setidaknya secara emosi karena yang bermain robot, namun ini bagus untuk pengembangan kreativitas dan teknologi robot," kata Rudiantara dalam sambutannya.

18 negara yang mengirimkan tim robotnya diajang ini adalah, Indonesia sendiri, Mongolia, Vietnam, India, Jepang, Cina, Korea Selatan, Thailand, Malaysia, Fiji, Mesir, Hongkong, Iran, Kazakhtan, Nepal, Pakistan, Rusia dan Sri Lanka

Menurut Ketua Paanitia Penyelenggara Robocon 2015, Slamet Riyadi, ukuran lapangan, net dan suttle cock yang digunakan juga standar pertandingan badminton internasional. Sedangkan raket diserahkan ke masing-masing tim. "Perbedaanya skor pertandingan Robominton hanya sampai 5," katanya.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA