Sabtu 22 Aug 2015 10:34 WIB

Alex Noerdin Tunaikan Janji Politik Kuliah Gratis

Rep: Maspril Aries/ Red: Dwi Murdaningsih
Alex Noerdin meluncurkan proghram kuliah gratis.
Foto: Maspril Aries/Republika
Alex Noerdin meluncurkan proghram kuliah gratis.

REPUBLIKA.CO.ID, PALEMBANG --- Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Alex Noerdin bersama pasangannya Wakil Gubernur Sumsel Ishak Mekki, Sabtu (22/8) mulai menunaikan janji politiknya merealisasikan program kuliah gratis.

Hari ini Gubernur Sumsel Alex Noerdin menandatangani nota kesepahaman atau MoU dengan beberapa perguruan tinggi negeri di Sumsel, Jakarta dan dari luar negeri sebagai tanda dimulainya program kuliah gratis bagi mahasiswa dari Sumsel. Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumsel ,” kata Widodo F Hardjono mengatakan program kuliah gratis merupakan janji politik pasangan Gubernur Alex Noerdin dan Wakil Gubernur Ishak Mekki pada pemilihan gubernur – wakil gubernur 2013 lalu.

“Program kuliah gratis ini melengkapi program sekolah gratis dari jenjang SD, SMP dan SMA yang sudah duterapkan sejak 2008 lalu di Sumsel,” ujarnya.

Program kuliah gratis yang akan mulai dilaksanakan pada tahun akademik 2015/2016, untuk pelaksanaannya menurut Kepala Dinas Pendidikan Sumsel akan menggandeng tiga perguruan tinggi negeri yang ada di Sumsel dan satu perguruan tinggi negeri di Jakarta serta dua perguruan tinggi di luar negeri.

“Untuk perguruan tinggi negeri di Sumsel pemerintah provinsi menjalin kerjasama dengan Universitas Sriwijaya, Universitas Islam Negeri Raden Fatah, dan Politeknik Sriwijaya. Satu perguruan tinggi negeri di Jakarta yakni Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah. Dari luar negeri bekerjasama dengan Jeonju University di Korea Selatan dan Nanjing Polytechnic Institute dari Tiongkok,” kata Widodo.

Pengertian kuliah gratis yang diterapkan Pemerintah Provinsi Sumsel menurut Widodo adalah program untuk meringankan beban orang tua atau wali dari kewajiban membayar biaya uang kuliah tunggal (UKT) yang ditentukan oleh pemerintah untuk program studi masing-masing perguruan tinggi. Untuk pelaksanaannya Dinas Pendidikan Sumatera Selatan telah menetapkan 64 program studi pilihan untuk program kuliah gratis tersebut. 

Program kuliah gratis diberikan kepada mahasiswa yang memilih jurusan atau program studi diantaranya,administrasi bisnis, agribisnis, akuntansi, Bahasa Inggris, geologi, ilmu komunikasi, hukum, kelautan, jurnalistik, kesehatan masyarakat, manajemen, peternakan, teknik elektro, usaha perjalanan wisata, perhotelan dan teknik perminyakan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement