Ahad 16 Aug 2015 17:31 WIB
BWF World Championship

Lee Chong Wei Gagal Juara Dunia Empat Kali Beruntun

Pebulu tangkis Lee Chong Wei.
Foto: Reuters
Pebulu tangkis Lee Chong Wei.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Nasib baik belum dimiliki pemain veteran dari Malaysia, Lee Chong Wei dalam ajang Total BWF World Championship 2015. Di final, lagi-lagi Lee harus bertekuk lutut dari unggulan satu dari Cina, Chen Long dalam pertandingan dua gim.

Pada awal gim pertama, serangan-serangan yang dilancarkan Lee Chong Wei berhasil menyumbangkan angka. Lee pun langsung unggul di awal gim pertama dengan 5-0 dan 9-5. Namun Chen Long dengan pertahanan yang sangat kuat, mampu kembali menyerang balik bola-bola rally yang dipukul Lee.

Perlahan-lahan, Chen mencuri angka demi angka. Ia berhasil menyamakan kedudukan menjadi 9-9 dan berbalik unggul 10-11 di paruh gim pertama. Lee hanya mampu mempertahankan kedudukan saat 12-12. Setelah itu, Lee tertinggal angka dan sulit mengejar perolehan angka Chen. Gim pertama dimenangkan Chen dengan 14-21.

Pada awal gim kedua, pertahanan rapat yang ditunjukkan Chen malah membuat Lee membuat beberapa kesalahan sendiri. Bola-bola Chen juga mampu meredam serangan Lee hingga jarang melancarkan pukulan smes ke daerah pertahanan Chen.

Chen unggul dari 1-7 dan 5-11 di paruh gim kedua. Lee sempat memperkecil jarak ketertinggalan angka dari 11-15 menjadi 14-16. Chen tak membiarkan permainan Lee semakin berkembang. Pertahanan rapat dan serangan tajam serta kecepatan Chen mampu meredam serangan Lee. Chen memenangkan pertandingan dengan 17-21 dalam pertarungan selama 1 jam 5 menit.

Dengan kekalahan ini semakin memperpanjang nasib sial yang diterima Lee Chong Wei. Pasalnya dalam empat kali Kejuaraan Dunia terakhir, Lee selalu gagal di babak final. Pada kejuaraan dunia 2011 dan 2013, Lee kalah dari pemain Cina, Lin Dan. Lee kembali kalah di babak final Kejuaraan Dunia 2014 dan 2015 oleh pemain Cina lainnya, Chen Long.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement