Thursday, 18 Syawwal 1443 / 19 May 2022

Mesir Pasang Kamera Pengawas Masjid, Ada Apa?

Ahad 16 Aug 2015 10:03 WIB

Rep: c33/ Red: Agung Sasongko

Masjid asy-Syafi'i di Kairo, Mesir, Selasa (9/9).  (Republika/Agung Supriyanto)

Masjid asy-Syafi'i di Kairo, Mesir, Selasa (9/9). (Republika/Agung Supriyanto)

REPUBLIKA.CO.ID, KAIRO -- Menteri Wakaf Mesir Muhammad Mokhtar Gomaa memutuskan akan memasang kamera pengawas di seluruh masjid di Mesir. Itu dilakukan guna melindungi masjid dan penghuninya dari serangan teroris .

Nantinya kamera pengawas akan ada  di luar dan dalam masjid. Kamera luar dipasang guna mengawasi serangan teroris dari luar masjid. Sedangkan kamera di dalam akan digunakan guna memantau pergerakan dan penyebaran idealisme ekstrem yang bisa saja diberikan kepada jamaah masjid.

Gomaa akan memulai proyeknya dengan memasang kamera di masjid-masjid besar terlebih dahulu. Ia menargetkan masjid seperti Amr ibn al-Aas akan diutamakan pemasangan kameranya. Setelah masjid-masjid besar maka barulah ia menargetkan masjid yang lebih kecil.

"Masjid yang besar terlebih dahulu, setelah itu masjid-masjid kecil, pokoknya semuanya masjid yang menyelenggarakan ibadah shalat jumah," ujarnya seperti dilansir dari Egypt Independent.

Gomaa  menyakini langkahnya bukanlah pertama kali dilakukan. Ia mencontohkan Arab Saudi dan Kuwait sudah melakukan hal yang sama setelah serangan teroris menargetkan masjid-masjid."Kita harap untuk menyelesaikan proyek ini sebelum akhir tahun,"katanya.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA