Senin 10 Aug 2015 12:34 WIB

Anak Alergi Susu Biasanya Alergi Pula Makanan Ini

Rep: C04/ Red: Indira Rezkisari
Penderita alergi susu sapi biasanya akan alergi pula terhadap sejumlah makanan.
Foto: pixabay
Penderita alergi susu sapi biasanya akan alergi pula terhadap sejumlah makanan.

REPUBLIKA.CO.ID, Penderita alergi susu sapi wajib menghindari makanan yang mengandung bahan dasar susu sapi. Penderita alergi susu sapi biasanya juga mengalami alergi terhadap makanan lainnya.

Makanan yang harus diwaspadai adalah telur, buah-buahan tertentu, kacang dan ikan laut. Menurut Dr dr Zakiudin Munasir SpA(K), penderita alergi susu sapi umumnya jarang mengalami alergi terhadap daging sapi. 

"Banyak penderita alergi susu sapi dapat mengkonsumsi daging sapi tanpa mengalami gejala alergi. Sebab, yang memicu alergi adalah kandungan di dalam susunya, bukan dagingnya. Jarang sekali ada pasien yang mengalami alergi daging sapi. Daging sapi justru sangat baik bagi tumbuh kembang si kecil," ungkap Dr Zaki.

Dr Zaki juga mengungkapkan, sebaiknya pencegahan terjadinya alergi susu sapi harus dilakukan sejak dini, sebelum timbul kesensitifan terhadap protein susu sapi. Penghindaran harus dilakukan dengan pemberian susu sapi hipoalergenik yaitu susu sapi yang dihidrolisis parsial untuk merangsang timbulnya toleransi susu sapi di kemudian hari. 

Bila sudah sensitif terhadap protein susu sapi atau sudah terjadi manifestasi penyakit alergi, maka harus diberikan susu sapi yang dihidrolisis sempurna atau pengganti susu sapi misalnya susu kacang kedelai (soya milk).

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement