Monday, 13 Sya'ban 1441 / 06 April 2020

Monday, 13 Sya'ban 1441 / 06 April 2020

Resep Akhir Pekan, Keju Ricotta Balut Zucchini

Sabtu 08 Aug 2015 20:06 WIB

Red: Indira Rezkisari

Keju ricotta dan zucchini cocok dinikmati sebagai sajian sehat di akhir pekan.

Keju ricotta dan zucchini cocok dinikmati sebagai sajian sehat di akhir pekan.

Foto: ABC News

REPUBLIKA.CO.ID, Keju merupakan salah satu bahan makanan yang biasanya selalu tersedia di rumah. Selain rasanya yang enak dan gurih, keju juga memiliki kandungan gizi yang kaya manfaat bagi tubuh.
 
Kandungan gizi dalam sepotong keju sangat banyak dan beragam, mulai dari asam amino yang penting untuk membangun jaringan otot dan metabolisme sel-sel tubuh serta tulang, vitamin B12 dan asam folat yang bermanfaat menjaga fungsi syaraf hingga kalsium dan mineral yang penting untuk pembentukan tulang dan gigi.

Dan bagi Anda yang sulit tidur, keju juga bisa menjadi alternatif makanan kecil yang perlu Anda konsumsi, karena keju diketahui mengandung tryptophan, sejenis asam amino yang mampu meredakan stres, membantu tidur dan mengurangi sindrom pra menstruasi.

Selain itu kandungan kalori dan karbohidrat pada keju juga sangat rendah sehingga keju cocok dijadikan sebagai makanan diet. Tapi dengan catatan, Anda perlu memperhatikan porsi makanan dari keju yang Anda santap tentunya!

Apalagi jika berbicara soal ragam olahan dari keju, pasti tidak akan ada habisnya. Keju merupakan bahan makanan yang mudah dikreasikan kedalam berbagai olahan makanan yang disukai banyak orang!

Tunggu apalagi, mari membuat sesuatu dari stok keju di rumah Anda. Seperti resep kudapan dari keju ricotta dan keju feta yang diracik oleh koki Vivi Riches yang ringan dan lezat yang satu ini. Makanan ini enak juga dijadikan  teman menyantap roti panggang dan salad hijau.

Selamat mencoba dan selamat menikmati akhir pekan Anda!

Snack Keju Ricotta dan Zucchini Berempah

Bahan
550 gram  zucchini, potong memanjang dengan ketebalan  1-3 cm
1 sdt daun mint kering
Minyak zaitun untuk olesan
100 gram keju feta rendah kalori
300 gram keju ricotta rendah kalori
2 sdm daun bawang iris
2 sdm cabai iris
1 sdm bawang putih iris
2 sdm daun mint
2 sdm parsley
Lada hitam secukupnya
Kulit jeruk lemon yang diparut halus dan perasan dari 1 buah jeruk lemon
75 gram kacang pinus, panggang
12 lembar roti tawar gandum, panggang
4 cangkir salad hijau campuran

Cara membuat
- Siapkan pinggan  tahan panas lumuri dengan minyak zaitun dan taburkan sedikit daun mint kering.
- Letakan zucchini di lapisan paling bawah pinggan tahan panas itu dan oven selama 10 menit atau hingga lembut. Dinginkan.
- Letakan keju ricotta dan feta di mangkuk aduk hingga rata. Masukan irisan cabai, parsley, bawang putih iris, daun mint dan daun parsley iris dan parutan kulit jeruk lemon. Bumbui dengan lada.
- Alasi loyang loaf berukuran 10 cm x 16 cm dengan cling wrap atau kertas roti. Letakan potongan zucchini yang sudah dipanggang hingga memenuhi dasar dan pinggiran pinggan. Biarkan sebagian potongan zucchini menjuntai.
- Masukan setengah dari campuran keju ricotta dan bahan lainnya dan tutup lagi dengan potongan zucchini.
- Ulangi lagi hingga adonan keju dan zucchini habis dan akhirnya lipat ke dalam potongan zucchini yang menjuntai di bagian atasnya hingga benar-benar tertutup rapi.
- Tutup dengan pembungkus plastik dan padatkan lalu dinginkan di kulkas selama beberapa jam hingga kokoh.
- Lepaskan keju dari loyang dan potong menjadi irisan tipis dan sajikan bersama dengan salad hijau dan roti gandum panggang. Beri sedikit perasan air jeruk lemon dan kacang pinus panggang.
- Sajikan sebagai menu makan siang vegetarian atau sebagai makanan pembuka dan kudapan ringan.
 

sumber : http://australiaplus.com/indonesian/2015-08-07/resep-akhir-pekan-snack-keju-ricotta-dan-zucchini-berempah/1478642
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA