Kamis 06 Aug 2015 06:40 WIB

Cara Cerdas Tolak Resep Antibiotik dari Dokter

Rep: Desy Susilawati/ Red: Indira Rezkisari
Penggunaan antibiotik sebaiknya diminimalisir atau tidak dikonsumsi sama sekali.
Foto: pixabay
Penggunaan antibiotik sebaiknya diminimalisir atau tidak dikonsumsi sama sekali.

REPUBLIKA.CO.ID, Terlalu banyak atau terlalu berlebihan mengonsumsi antibiotik bisa menyebabkan resistensi antimikroba. Karena itu, sebaiknya hindari penggunaan antibiotik dengan berani menolak antibiotik yang diresepkan dokter jika memang tidak diperlukan.

Ketua Komite Pengendalian Resistensi Antimikroba (KPRA) yang dibentuk oleh Kementerian Kesehatan, dr Hari Paraton, SpOG(K), menjelaskan di Thailand hampir semua sektor memberikan edukasi masyarakat supaya si dokter tak mudah meresepkan antibiotik. Masyarakat dibuat cerdas agar dapat memilah pengobatan yang benar-benar sesuai.

Penggunaan antibiotik sebaiknya diminimalisir atau tidak dikonsumsi sama sekali. Sayangnya, tingkat pengetahuan dokter di Indonesia mengenai antibiotik masih perlu ditingkatkan berdasarkan evidence base.

Sebelum menggunakan antibiotik, ada baiknya Anda melakukan tes terlebih dahulu di laboratorium. Tes bertujuan untuk memastikan apakah penyakit akibat virus atau bakteri. 

Sayangnya, sarana laboratorium khusus di Indonesia masih konvensional di beberapa tempat. Alatnya terbatas. Padahal dengan teknik modern, penyakit dengan mudah diketahui. Pengobatannya pun bisa tepat. Sayangnya banyak dokter yang coba-coba.

Selama menunggu hasil laboratorium, jangan dulu tebus resep antibiotik dari dokter. Menunda antibiotik kalau sudah ketahuan sakit akibat bakteri, memang tidak dianjurkan. Tapi kalau ada infeksi bakteri, namun bakterinya tidak diketahui jenis apa maka harus segera diberi antibiotik empiris.

Setelah itu, ambil darah, cek lab dan temukan bakterinya. Jika infeksinya ringan, penggunaan antibiotik bisa dikurangi. "Kita meminimalkan penggunaan antibiotik," jelasnya. 

Namun, jika belum terbukti sakit karena bakteri, daripada diberikan antibiotik, lebih baik ambil darah dengan suntik. Lemudian periksa laboratorium dan buktikan jika infeksi disebabkan oleh virus sehingga tidak perlu antibiotik. Jika sudah terbukti hanya karena virus, Anda harus berani menolaknya.

Bagaimana cara menolak antibiotik yang diresepkan dokter? Ia menyarankan agar Anda melakukan diskusi dengan dokter. Jika ternyata sakit Anda tidak memerlukan antibiotik, Anda bisa menolaknya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement