Senin 03 Aug 2015 20:16 WIB

Cegah Pelanggaran Saat MOS, Guru Diminta Ambil Peran

Rep: C11/ Red: Djibril Muhammad
Guru di sekolah SD
Guru di sekolah SD

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Selama masa orientasi siswa (MOS) guru diminta untuk lebih memperhatikan kegiatan muridnya. Psikolog, Endang Widyorini dari Universitas Soegijapranata mengungkapkan, keterlibatan guru menjadi penting untuk memantau kegiatan siswa baru.

Guru juga diminta untuk memberikan arahan seputar kegiatan dan pembelajaran mengenai pengenalan sekolah. Sehingga kegiatan orientasi tidak semata-mata keterlibatan siswa saja.

"Guru harus punya piket juga untuk memberikan materi. Mengenai masalah di sekolah, struktur sekolah dan lingkungan di sekolahnya," kata Endang, Senin (3/8).

Kemudian Endang melanjutkan, guru juga harus memberikan penjelasan kepada murid baru mengenai peraturan di sekolahnya. Khususnya juga bagaimana mekanisme seorang murid mengadu apabila terkena masalah.

"Materi yang diberikan guru harus mendukung untuk dijadikan pegangan semasa sekolah," ujar Endang.

Sebelumnya, siswa SMP asal Bekasi, Evan Situmorang diduga meninggal dunia usai mengikuti kegiatan masa orientasi di sekolahnya, SMP Flora Bekasi. Akan tetapi, pihak sekolah membantah meninggalnya Evan akibat mengikuti masa orientasi, melainkan karena penyakit yang dideritanya. Untuk itu, Polresta Bekasi kini tengah mengusut tuntas penyebab kematian Evan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement