Monday, 17 Muharram 1441 / 16 September 2019

Monday, 17 Muharram 1441 / 16 September 2019

Menko Sofyan: Tingkat Inflasi Masih Terkontrol

Senin 03 Aug 2015 14:28 WIB

Rep: Satria Kartika Yudha/ Red: Teguh Firmansyah

Inflasi Maret 2015: Aktivitas jual beli bahan makanan di Pasar Rumput, Jakarta, Rabu (1/4).

Inflasi Maret 2015: Aktivitas jual beli bahan makanan di Pasar Rumput, Jakarta, Rabu (1/4).

Foto: Republika/ Yasin Habibi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Menteri Koordinator Perekonomian Sofyan Djalil menyebut tingkat inflasi Juli 2015 sebesar 0,93 persen masih terkontrol. Dia pun yakin angka inflasi tidak akan melebihi target pemerintah.

"Tingkat inflasi relatif terkontrol. Biasanya inflasi pada bulan ramadhan dan saat lebaran sangat tinggi," kata Sofyan di kantornya, Senin (3/8).

Sofyan mengatakan, dengan tingkat inflasi Juli 0,93 persen, maka inflasi tahun kalender atau sepanjang Januari-Juli sebesar 1,9 persen. "Target inflasi maksimal 4 plus minus 1 persen, kami harap dapat tercapai," ujar Sofyan.

Sofyan menilai masih terkontrolnya tingkat inflasi bukan semata faktor menurunnya daya beli masyarakat akibat pertumbuhan ekonomi. Tapi juga berkat kerja keras pemerintah pusat dan daerah untuk menjaga kenaikan harga barang dan jasa.

"Langkah pemerintah memperkuat TPID (tim pengendali inflasi daerah) kelihatan sudah ada hasil. Aparat di daerah juga sadar akan menjaga inflasi," ucap Sofyan.

Agar inflasi tidak melebihi target, tambah Sofyan, pemerintah akan terus berupaya keras menjaga stok bahan makanan. Dia menyebut, stok beras masih aman hingga November mendatang. "Kalau perlu impor, kita impor. Tapi masih kita lihat terlebih dahulu kondisinya seperti apa nanti," ujarnya

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA