Sunday, 15 Rabiul Awwal 1442 / 01 November 2020

Sunday, 15 Rabiul Awwal 1442 / 01 November 2020

In Picture: Kampung Batik Betawi Terogong

Rabu 29 Jul 2015 20:52 WIB

Red: Mohamad Amin Madani

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Batik merupakan warisan budaya Indonesia yang sejak lama telah dikenal. Setiap daerah memiliki ciri khas batik masing-masing, seperti batik Jogja, Solo, Cirebon, dan Pekalongan.

Sebagai Ibukota, tentunya Jakarta juga memiliki batik sebagai warisan kekayaan budaya Betawi. Terdorong  ingin Melestarikan Tradisi Dan Kesenian. Siti Laela yang terlahir sebagai warga asli Betawi ini, mendirikan Sentra Batik Betawi yang beralamat di Jalan Terogong III, Cilandak, Jakarta Selatan. Tempat kerajinan ini di beri nama Batik Betawi Terogong. 

Usaha tersebut dimulai pada tahun 2010 dan aktif penuh di tahun 2012. Siti Laela mengajak dan memberdayakan kaum ibu di lingkungan rumahnya, Kampung Terogong. Dengan memberikan pelatihan cara membuat Batik Betawi dengan baik. Sesuai dengan namanya Batik Betawi, ciri khas dan coraknya  memiliki kesesuaian dengan budayanya seperti Ondel-ondel, Abang None, Pengantin Betawi, dan Tanjidor.

“ Dengan adanya Kampung Batik Betawi terdapat harapan yaitu batik Betawi menjadi tuan rumah di kampung sendiri “ ujar Siti Laela.

Menurut pelopor dari berdirinya Kmpung Batik tersebut, Kalau di Jakarta  sebagai Ibukota banyak batik dari luar daerah sudah begitu dikenal, sementara Batik Betawi belum begitu terkenal. Selain itu ketika orang-orang dari luar daerah datang ke Jakarta mengingat ada Batik Betawi Terogong.

 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA