Selasa 28 Jul 2015 14:00 WIB

Siswa Korea Belajar Budaya Warga Gunung Merbabu

Berkebun (ilustrasi)
Foto: ©Yourhomewizard
Berkebun (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, MAGELANG -- Sebanyak tujuh siswa dengan dua guru pendamping "Silangsa Small School", Namwon, Korea Selatan, belajar tentang kebudayaan dan kehidupan masyarakat di kawasan Gunung Merapi, Dusun Gejayan, Desa Banyusidi, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Mereka menjalani program itu selama 20 hari mulai 1-20 Agustus 2015). Sebanyak tujuh siswa dan dua orang guru mengikuti program ini.

Pimpinan Padepokan 'Warga Budaya' Dusun Gejayan, Desa Banyusidi, Kecamatan Pakis, Kabupaten Magelang, Riyadi mengatakan kedatangan 'tamu' dari Korea ini juga menjadi kesempatan untuk belajar tentang budaya Korea Selatan supaya dapat memperkaya wawasan pengetahuan dan pengalaman. Mereka, katanya, akan dibagi dalam tiga kelompok dan tinggal di sejumlah rumah warga kawasan Gunung Merbabu.

Nantinya, mereka akan mengikuti kegiatan sehari-hari warga, seperti berkebun di areal tanaman sayuran milik warga, mengairi tanaman lombok, dan merawat tanaman tembakau yang saat ini sedang tumbuh dengan subur. Mereka juga berdialog dengan warga di padepokan dusun itu, menyangkut berbagai kegiatan tradisi lokal masyarakat setiap tahun berdasarkan kalender desa, perkembangan kesenian tradisional dan nilai-nilai kebudayaan setempat. Beberapa waktu lalu, anggota tim penghubung sudah melakukan survei ke Dusun Gejayan, sebagai persiapan pelaksanaan program tersebut.

"Kebetulan kami juga sedang menyiapkan ikut dalam Festival Lima Gunung XIV, mereka rencananya akan berproses bersama kami untuk mementaskan kesenian dari dusun kami di Merbabu ini dalam festival tahunan Komunitas Lima Gunung mendatang," katanya.

Berbagai kesenian lokal masyarakat setempat yang selama ini dikembangkan dan dipentaskan oleh seniman Padepokan 'Warga Budaya Gejayan' antara lain soreng, geculan bocah, gupolo gunung, dan musik kontemporer truntung.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement