Jumat, 16 Rabiul Akhir 1441 / 13 Desember 2019

Jumat, 16 Rabiul Akhir 1441 / 13 Desember 2019

Ini Manfaat Tiap Jengkal Dandelion Bagi Tubuh

Selasa 28 Jul 2015 07:01 WIB

Rep: MGROL 40/ Red: Indira Rezkisari

Dandelion

Dandelion

Foto: pixabay

REPUBLIKA.CO.ID, Dandelion masuk dalam jajaran makanan super yang terbaru. Bunga yang satu ini kaya beragam vitamin dan mineral yang penting bagi tubuh.

Dikutip dari Shape, Selasa (28/7), Anda bisa makan setiap bagian dari dandelion mulai dari akar sampai ke semua bagian tanaman tersebut. Kelopaknya sendiri mempunyai zat antioksidan yang membantu mencegah penyakit, sedangkan mineral dalam daun dan akar membantu tubuh menghilangkan racun dan kotoran.

Dana Kofsky, ahli gizi berlisensi dan konsultan kesehatan perusahaan yang berbasis di Los Angeles, mengungkapkan, bila daun dandelion memiliki lebih banyak kalsium daripada kebanyakan jenis sayuran hijau lainnya. Akarnya sering digunakan menjadi campuran teh dan kopi yang berguna sebagai perangsang nafsu makan dan membantu untuk meringankan masalah pencernaan ringan seperti sembelit, kata Steven Ehrlich, pendiri dan direktur medis dari Solusi Akupunktur dan Naturopathic Medicine di Phoenix, Arizona.

Bukan hanya sampai di situ, tanaman dandelion mampu untuk detoksifikasi. Jangka panjang, serat yang terkandung dalam tanaman tersebut dapat menyembuhkan diabetes dan dapat membantu menurunkan kolesterol, sementara jangka pendek, memperlambat pencernaan, membantu Anda tetap kenyang lebih lama. Bahkan, akar dandelion telah digunakan untuk detoksifikasi hati, kandung empedu, dan ginjal selama berabad-abad.

Salah satu hal terbesar tentang dandelion adalah tanaman tersebut merupakan bahan yang fleksibel. Koki dapat menuangkan kreativitas mereka dengan memanfaatkan seluruh bagian dari bunga. Jika Anda mencari dendelion dalam wujud minuman, anda dapat memperoleh kopi dan teh yang berasal dari tanaman tersebut.

Jika Anda tengah mencari makanan dan minuman yang sehat, tidak ada salahnya bila anda mencoba berbagai macam jenis makan dan minuman yang berasal dari tanaman tersebut.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA