H+7, Puncak Balik Penumpang Balik Kapal Laut di Tanjung Perak

Red: Maman Sudiaman

 Ahad 26 Jul 2015 16:16 WIB

Para penumpang di Pelabuhan Tanjung Perak 2. Foto: dok Pelindo III Para penumpang di Pelabuhan Tanjung Perak 2.

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Seperti yang telah dipredikasi sebelumnya, arus balik penumpang kapal laut terjadi peningkatan pada H+7 atau hari Sabtu (25/7) kemarin. “Setidaknya ada tujuh kapal yang melakukan embarkasi dan debarkasi di Pelabuhan Tanjung Perak dengan membawa sebanyak 9.224 orang penumpang” kata Edi Priyanto Kepala Humas PT Pelindo III dalam siaran persnya kepada ROL, Ahad (26/7).

Edi merinci, ketujuh Kapal tersebut di antaranya kapal Dorolonda tujuan Balikpapan dengan membawa 3.594 orang penumpang, kapal Binaiya dari Pelabuhan Kumai menurunkan 1.360 orang penumpang dan membawa 1.657 orang penumpang dengan tujuan Sampit.

Selain kapal penumpang Pelni, ada lima kapal swasta lainnya yaitu Kapal Wihan Sejahtera tujuan Tanjung Priok dengan membawa 271 orang penupang, kapal Dharma Kencana III dari Kumai membawa 38 penumpang turun dan 273 penumpang naik tujuan Kumai, Kapal Kirana IX dari Batulicin menurunkan 420 penumpang dan membawa 541 penumpang menuju Makasar, Kapal Niki Sae dari Banjarmasin menurunkan 63 penumpang dan membawa 215 penumpang menuju Banjarmasin dan Kapal Titian Nusantara dari Banjarmasin menurunkan 40 penumpang dan membawa 752 penumpang ke Banjarmasin.

Ada satu kapal yang mengalami penundaan keberangkatan yaitu kapal KM Sinabung tujuan Makassar, Bau-Bau, Ambon, Ternate, dan Bitung dengan kapasitas mencapai 2.528 penumpang yang sedianya akan diberangkatkan hari Sabtu (25/7) pukul 23.00 WIB karena terjadi keterlambatan kedatangan sehingga baru diberangkatkan pada Ahad (26/7).

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini

Berita Lainnya

Play Podcast X