Sabtu 25 Jul 2015 09:45 WIB

41 Negara Bersaing di Kompetisi Astronomi Internasional

Rep: c 13/ Red: Indah Wulandari
International Olympiad on Astronomy and Astrophysics (IOAA) 2015
Foto: iooa2015.org
International Olympiad on Astronomy and Astrophysics (IOAA) 2015

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Ajang International Olympiad on Astronomy and Astrophysics (IOAA) 2015 yang akan berlangsung di Magelang, Jawa Tengah, Indonesia diikuti 41 negara.

“Ajang IOAA yang diselenggarakan di Indonesia ini akan diikuti 41 negara,” ujar Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Pembinaan Sekolah Menengah Atas (SMA) Harris Iskandar, Jumat (24/7).

Sebanyak 318 peserta dari sejumlah negara itu akan mulai mengikuti IOAA pada 26 Juli hingga 4 Agustus 2015.  Dari jumlah peserta tersebut, Harris menyatakan, akan ada 210 siswa menghadiri ajang ini. Kemudian, kata dia, terdapat 83 team leaders dan 25 observers.

Mengenai peserta dari Indonesia, Harris menjelaskan pihaknya akan mengirim 10 siswa. Menurutnya, 10 siswa itu akan terbagi ke dalam dua tim, yaitu regular team dan guest team.

Pada kesempatan yang sama, Harris juga berharap pelaksanaan IOAA dapat berlangsung dengan sukses. “Semoga pada pelaksanaan IOAA tahun ini, Indonesia bisa sukses  sebagai penyelenggara, menjadi tuan rumah yang baik,” terang Harris.

Sebelumnya, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mengungkapkakan Indonesia akan menjadi tuan rumah pada Kompetisi Astronomi Internasional. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan mengungkapkan, Magelang akan menjadi lokasi International Olympiad on Astronomy and Astrophysics (IOAA) 2015.

"Ini merupakan kedua kalinya Indonesia menjadi tuan rumah di kompetisi tersebut," ujar Anies.

Sebelumnya Indonesia sempat menjadi tuan rumah pada ajang tersebut di 2008. Di tahun tersebut, ajang internasional ini diselenggarakan di Bandung, Jawa Barat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement