Monday, 19 Rabiul Akhir 1441 / 16 December 2019

Monday, 19 Rabiul Akhir 1441 / 16 December 2019

Lebaran 2015

Parangtritis Dipadati Wisatawan Luar Kota

Ahad 19 Jul 2015 22:10 WIB

Red: Indira Rezkisari

Ribuan wisatawan memadati Pantai Parangtritis, Yogyakarta, Ahad (19/7). Selain Keraton dan Malioboro, Pantai Parangtritis menjadi salah satu tujuan favorit tujuan wisata di libur lebaran ini.

Ribuan wisatawan memadati Pantai Parangtritis, Yogyakarta, Ahad (19/7). Selain Keraton dan Malioboro, Pantai Parangtritis menjadi salah satu tujuan favorit tujuan wisata di libur lebaran ini.

Foto: Republika/Agung Supriyanto

REPUBLIKA.CO.ID, BANTUL -- Jalur wisata menuju objek wisata Pantai Parangtritis, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, pada Ahad (19/7) atau H+1 Idul Fitri 1436 Hijriah dipadati kendaraan pribadi dengan plat nomor luar provinsi tersebut.

Pantauan di Jalan Parangtritis, kepadatan kendaraan pribadi terutama roda empat tersebut mayoritas berplat nomor B (Jakarta dan sekitarnya), sebagian plat F (Bogor), D (Bandung) dan sejumlah nomor polisi dari Jawa Barat.

Kepadatan lalu lintas akibat lonjakan arus wisatawan yang menuju arah pantai (utara ke selatan) terjadi pagi hingga siang, sementara kepadatan arus wisatawan untuk arah sebaliknya (ke utara) terjadi pada sore hingga malam.

Peningkatan volume kendaraan tersebut mengakibatkan di sejumlah persimpangan yang terdapat alat pemberi isyarat lalu lintas (APILL) terjadi antrean kendaraan lebih dari satu kilometer, karena menunggu lampu merah menyala. Beberapa persimpangan di Jalan Parangtritis yang terlihat penumpukan kendaraan diantaranya simpang tiga Tembi, simpang empat Manding dan simpang empat Druwo (perempatan jalan lingkar selatan).

Selain di sepanjang Jalan Parangtritis, kepadatan arus wisatawan yang didominasi plat nomor luar DIY juga memadati jalur alternatif menuju objek wisata yakni Jalan Imogiri Barat dan Jalan Imogiri Timur (jalur sebelah timur Jalan Parangtritis.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Bantul, Suwito sebelumnya memprediksikan akan terjadi peningkatan volume kendaraan di jalur utama maupun jalur alternatif menuju objek wisata Pantai Parangtritis pada libur usai hari H Lebaran 2015.

"Kalau arus pemudik balik, titik-titik kemacetan berpotensi terjadi di Jalan Wates (Sedayu) dan Jalan Wonosari (Piyungan), kemudian setelah hari raya ruas jalan yang perlu diwaspadai kemacetan di sepanjang Jalan Parangtritis," katanya.

Sementara itu, ia mengatakan, untuk kesiapan sumber daya manusia (SDM) pengamanan Lebaran, pihaknya membuka Posko Induk yang siaga selama 24 jam di terminal gabusan, komplek Pasar Seni Gabusan (PSG) Jalan Parangtritis. "Kemudian kami juga membuka poskotis (posko taktis) di 12 lokasi posko pengamanan (pospam) Lebaran dengan jumlah personel yang kami terjunkan sebenyak 65 orang," katanya.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA