Tindak Lanjuti Insiden Pembakaran Masjid, DPR akan ke Tolikara

Ahad , 19 Jul 2015, 12:57 WIB
Pembakaran Masjid/ilustrasi
Foto: info palestina
Pembakaran Masjid/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Komisi III DPR, Azis Syamsudin mengatakan, pihaknya berencana melakukan peninjauan terhadap kondisi di Tolikara. Sebelumnya, dirinya akan melakukan pembahasan dengan sejumlah fraksi.

"Beberapa anggota DPR sudah menghubungi saya membahas persoalan insiden Tolikara ini. Kami berencana melakukan tindakan lebih lanjut tetapi harus ada rapat dengar pendapat dulu dengan fraksi-fraksi," ujar Azis saat dihubungi ROL, Ahad (19/7).

Saat ini, DPR sedang dalam masa reses. Menurut Azis, tindak lanjut DPR untuk meninjau kondisi di Tolikara akan segera dijadwalkan. "Tetap harus disiapkan dulu kesepakatan seluruh fraksi, juga administrasinya. Kami tetap berkomitmen ada tindak lanjut terhadap insiden ini," tambahnya.

Diberitakan sebelumnya, sebuah masjid di Kabupaten Tolikara dibakar umat Nasrani, Jumat pagi. Humas Polri Kombes Agus Rianto mengatakan, kasus itu bermula saat umat Islam Karubaga Kabupaten Tolikara hendak menjalankan shalat Idul Fitri.

Tiba-tiba, sekelompok massa dari luar masjid berteriak-teriak. Umat muslim yang hendak shalat sontak kaget dan langsung melarikan diri ke Koramil dan Pos 756/WMS untuk meminta perlindungan. Sepeninggal mereka, Masjid tersebut dibakar.