Monday, 6 Sya'ban 1441 / 30 March 2020

Monday, 6 Sya'ban 1441 / 30 March 2020

Yuk, Beri Pemahaman Anak untuk Hindari Obesitas

Ahad 19 Jul 2015 07:38 WIB

Rep: c27/ Red: Hazliansyah

Obesitas anak

Obesitas anak

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tumbuh di tengah-tengah era makanan cepat saji, membuat anak-anak saat ini begitu rentan terhadap obesitas. Orang tua terkadang tidak mengontrol secara baik pola makan dan kegiatan anak sehari-hari.

Menurut Mayo Clinic yang dilansir dari OnIslam, Ahad (19/7), meskipun genetika dapat berperan terhadap kontribusi obesitas, namun kebanyakan obesitas terhadap anak justru disebabkan karena berlebihan dalam mengonsumsi makanan. Selain itu juga aktivitas olah raga yang terlalu sedikit.

Cara paling dasar membuat anak terhindar dari ancaman obesitas adalah dengan memberikan pengertian bahwa anak harus menghargai tubuhnya sendiri. Orang tua bisa menjelaskan bahwa tubuh anak merupakan tanggung jawab mereka sendiri, sehingga harus dapat menjaga dan merawatnya agar tetap sehat.

Selain itu, memberikan pemahaman akan pentingnya buah-buahan dan sayuran. Berikan pengertian pada mereka makanan-makanan tersebut lebih baik daripada camilan seperti keripik atau permen.

Orang tua juga bisa mengajak anak-anak berjalan kaki menuju tempat berbelanja atau tempat makan lain. Ini mengajarkan anak untuk memilih dan mengenali makanan yang baik dan sehat untuk tubuhnya sendiri. Selain itu, dengan berjalan kaki membuat anak melakukan aktivitas gerak.

Jangan lupa juga, dorong anak untuk membaca label nutrisi. Orang tua bisa mengajari anak mengenali untuk anak menghindari makanan dengan fruktosa tinggi, pengawet, dan pewarna buatan.



BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA