Selasa 14 Jul 2015 17:46 WIB

Makanan yang Dianjurkan Bagi Penderita Lupus

Rep: C33/ Red: Winda Destiana Putri
Penyakit lupus.
Foto: www.medicinenet.com
Penyakit lupus.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Memasuki bulan puasa, penderita lupus tentunya ada yang memutuskan puasa. Bagi keluarga penderita lupus bisa saja bingung memilih menunya.

Tidak perlu bingung, beberapa daftar bahan makanan ini diberikan bagi anda sebagai referensi memilih menu yang sesuai untuk penderita lupus.

Seseorang yang terkena lupus dianjurkan melakukan diet supaya lupus tidak menjadi aktif. Diet yang dilakukan juga sedikit berbeda dengan diet yang biasa dilakukan untuk menurunkan berat badan.

Pertama, hindarilah konsumsi garam karena studi menunjukkan garam dapat meningkatkan tekanan darah dan meningkatkan risiko penyakit jantung. Lupus saja sudah menempatkan penderitanya pada risiko tersebut, sehingga mengonsumsi garam hanya akan memperburuk situasi. Garam sebaiknya diganti dengan rempah-rempah lainnya seperti lemon, bawang putih atau lada untuk rasa.

Selanjutnya, penderita lupus disarankan untuk makan makanan yang banyak mengandung zat besi. Misalnya sayur-sayuran hijau, ikan atau hati sapi yang mengandung banyak sekali zat besi. Menurut dr. Alvina Widhani, SpPD makanan mengandung besi sangat berguna bagi penderita lupus yang mengalami anemia.

Hal ini dikarenakan penderita lupus akan sering sekali mengalami anemia (kurang darah) yang merupakan salah satu gejala lupus menjadi aktif. Sehingga dengan mengkonsumsi makanan berzat besi maka diharapkan penderita lupus tidak merasakan efek kurang darah yang cukup besar.

"Yang penting itu makan makanan alami ya jangan yang buatan," imbau dokter Alvina kepada Republika.

Selain itu, makanan yang sebaiknya banyak dikonsumsi oleh penderita lupus adalah ikan. Ikan merupakan bahan makanan yang kaya akan omega 3. Omega 3 mengandung zat anti-inflamasi alami yang sangat bermanfaat bagi penderita lupus guna mengurangi pembengkakan atau peradangan yang diakibatkan oleh lupus.

Meskipun beberapa makanan tersebut baik untuk penderita lupus, untuk takaran yang tepat yang dapat dikonsumsi setiap hari harus tetap berkonsultasi dengan dokter professional. Apalagi khusus bagi yang memutuskan berpuasa, asupan makanan dan minuman perlu dijaga.

"Penderita lupus tetap butuh gizi seimbang, minum cukup dan aktifitas disesuaikan saja dengan keinginan, jangan terlalu berat," ujar dokter RSCM itu.

Dengan demikian, konsumsi lebih banyak sayur dan buah segar patut dijaga demi keseimbangan gizi. Ragam sayur dan buah mengandung berbagai zat gizi dan non gizi yang bersifat antioksidan. Riset menemukan radikal bebas yang terlalu tinggi dalam tubuh turut andil dalam membuat sistem imun jadi liar.

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement