Senin 13 Jul 2015 16:00 WIB

Kapan Olahraga Jadi Masalah Saat Puasa?

Rep: C27/ Red: Winda Destiana Putri
Perempuan berolahraga
Foto: Republika/Wihdan Hidayat
Perempuan berolahraga

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Berolahraga ketika berpuasa memang perlu. Selain menjaga tubuh tetap sehat dan bugar, olahraga bagi sebagian orang yang sudah terbiasa menjadi kebutuhan yang tidak bisa dihindari. Bagaimana dengan orang yang tidak terbiasa olahraga justru berolahraga saat berpuasa?

Berolahraga bisa menjadi salah satu alternatif menghabiskan waktu sebelum berbuka puasa. Bisanya orang memilih lari atau bersepeda untuk pilihan olahraga sebelum berbuka.

Menurut dr. R. Wishnu Hidayat, SpOK, bagi yang sudah terbiasa berolahraga itu tidak menjadi masalah. Karena mereka sudah memiliki kebiasaan dan tubuh yang bisa menyesuaikan. Berbeda jika orang itu pada hari bisa tidak berolahraga justru saat puasa melakukan olahraga.

"Biasanya olahraga pada orang yang tidak sering berolahraga menjadi alasan untuk ngabuburit buat nunggu buka puasa," ujar dr. Wishnu di Lotte Shopping Avenue, Jakarta.

Ia menjelaskan, hal itu bisa menjadi berbahaya dan akan menimbulkan masalah. Jika orang yang tidak terbiasa berolahraga sebelum waktu berbuka, dan olahraga itu sedikit berat maka akan menimbulkan gejala-gejala seperti pusing.

"Itu menunjukan bahwa kadar gula dalam tubuh drop," ujar pakar kesehatan olahraga.

Ia menyarankan agar orang yang tidak terbiasa olahraga melakukan olahraga ringan dan menyadari kapasitas tubuh. Orang tersebut juga bisa melakukan kegiatan olahraga di dalam ruangan untuk menghindari risiko dehidrasi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement