Buka Puasa Bersama di Khasmir Raih Rekor Dunia

Rep: C30/ Red: Angga Indrawan

 Senin 13 Jul 2015 07:47 WIB

Suasana buka puasa di mesir Foto: http://claudiawiens.wordpress.com Suasana buka puasa di mesir

REPUBLIKA.CO.ID, SRINAGAR -- Sekelompok muslim Kashmir mengundang 7.000 masyarakat berbuka puasa. Apa yang dilakukannya ini tercatat dalam sejarah Asia sebagai peraih rekor dunia iftar.

“Kami tidak penah melakukan ini sebelumnya di Kashmir,” ujar Ahmer Khan (22 tahun) salah satu penggagas dilansir dari On Islam, Senin (13/7).

Khan mengatakan, ide buka puasa terbesar ini dilakukan atas sebuah tawaran. Tawaran itu datang dari Guinness Book of World Recodrs Mesir untuk mengadakan buka puasa terpanjang di dunia.

Khan juga menjelaskan, panjangnya iftar (buka puasa) ini lebih dari 4,3 kilometer. Sebanyak tujuh ribu orang berkumpul untuk menyantap buka bersama di tepi danau Dal.

Khan mengakui jika sebelumnya ada yang menyebutkan bahwa usahanya ini adalah non-profit. Namun karena berjuang bersama-sama, mereka telah berhasil dan sukses.

Panitia membentangkan karpet sebagai alas untuk iftar. Setelah itu, mereka juga menyiapkan makanan-makanan dan minuman yang ditata sedemikian rupa memanjang hingga terpenuhi untuk tujuh ribu orang tersebut.

Rekor iftar sebelumnya diraih oleh Sharja, dengan mendatangkan tiga ribu orang. “Mereka duduk di atas hamparan 1,3 kilo meter untuk berbuka puasa bersama,” ujar seorang pejabat dari Beetle, sebuah manajemen perusahaan lokal.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Play Podcast X