Tuesday, 22 Rabiul Awwal 1441 / 19 November 2019

Tuesday, 22 Rabiul Awwal 1441 / 19 November 2019

UM Magelang Diserbu Calon Mahasiswa Baru

Ahad 12 Jul 2015 09:54 WIB

Rep: heri purwata/ Red: Damanhuri Zuhri

Universitas Muhammadiyah Magelang.

Universitas Muhammadiyah Magelang.

Foto: Ist

REPUBLIKA.CO.ID, MAGELANG -- Setelah pengumuman Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN), Universitas Muhammadiyah (UM) Magelang, Jawa Tengah diserbu pendaftar. Tahun ajaran 2015/2016, UM Magelang akan menerima 1.250 mahasiswa baru.

"Setelah pengumuman SBMPTN, pengaruh terhadap jumlah pendaftar ke UM Magelang sangat signifikan," kata Eko Muh Widodo, Rektor UM Magelang kepada wartawan di Magelang, Sabtu (11/7) sore.

Diakuinya, UM Magelang belum menjadi pilihan utama calon mahasiswa. Karena itu, UM Magelang mengharapkan limpahan calon mahasiswa yang tidak diterima di perguruan tinggi negeri (PTN).

Hingga Sabtu (11/7), kata Eko, sudah ada pendaftar sebanyak 700 calon mahasiswa. Jumlah ini akan terus meningkat karena pendaftaran akan ditutup hingga 19 September 2015 mendatang.

Universitas Muhammadiyah (UM) Magelang  memiliki enam fakultas yaitu Fakultas Ekonomi, Fakultas Agama Islam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Fakultas Teknik, Fakultas Hukum, dan Fakultas Ilmu Kesehatan.

Berdasarkan pendaftar, fakultas yang favorit adalah Fakultas Ekonomi, Fakultas Hukum, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Program Studi Teknologi Informasi di Fakultas Teknik, dan Fakultas Ilmu Kesehatan.

Untuk seleksi mahasiswa baru, UM Magelang menggunakan sistem //one day service// yaitu Computer Base Test (CBT). "Jika lolos seleksi calon mahasiswa bisa langsung mendaftar ulang dan diberi tenggang waktu dua pekan bagi yang tidak langsung mendaftar ulang," kata Eko.

Namun untuk Fakultas Ilmu Kesehatan dan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan tidak hanya CBT, tetapi masih harus mengikuti tes wawancara. "Tes wawancara dimaksudkan untuk mengetahui kesehatan fisik calon mahasiswa. Sedang bagi Fakultas Keguruan untuk mengetahui performace calon mahasiswa," tandas Eko.

UM Magelang yang sudah memasuki usia ke 51 tahun ini telah terakresitasi institusi dengan nilai B. Akreditasi diperoleh dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT).

"Untuk memperingati milad ke 51, akan digelar seminar nasional, tabligh akbar, berbagai lomba olahraga, dan orasi ilmiah," katanya.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA