Minggu, 1 Jumadil Akhir 1441 / 26 Januari 2020

Minggu, 1 Jumadil Akhir 1441 / 26 Januari 2020

Waspadai Kejahatan di Keramaian Saat Mudik

Kamis 09 Jul 2015 19:40 WIB

Rep: Hilman Fauzi/ Red: Yudha Manggala P Putra

Mudik Awal: Antrean penumpang ketika memasuki Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Rabu (8/7).

Mudik Awal: Antrean penumpang ketika memasuki Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Rabu (8/7).

Foto: Republika/ Yasin Habibi

REPUBLIKA.CO.ID, SERANG -- Kepala Satuan Reskrim Polres Serang mengimbau masyarakat, khususnya para pemudik mewaspadai tempat-tempat ramai di jalur mudik. Keramaian, kata dia, kerap dimanfaatkan penjahat dalam melancarkan aksinya.

"Pengalaman kami, tempat rawan kriminalitas jalur mudik adalah tempat-tempat yang jadi titik kumpul masyarakat atau keramaian seperti di antrean di Pelabuhan Merak, juga di sepanjang jalur wilayah Hukum Serang," kata Rizal, Kamis (9/7).

Karena, lanjut Rizal sepanjang jalur mudik yang ada di wilayah hukum Serang  banyak  kendaraan besar yang berhenti di SPBU dan tempat peristirahatan sehingga tempat menjadi padat dan ramai.  "Itu kita catat menjadi tempat rawan kriminalitas," ungkapnya.

Potensi kejahatan di keramaian, menurut Rizal sangat tinggi. Sebab, penjahat bisa berbaur dengan masyarakat lain, sehingga sulit dibedakan.

"Karena tempat seperti itu mereka bisa berbaur, kita tidak tahu mana yang penjahat, karenanya diharapkan hati-hati," jelasnya.

Sedangkan jenis kejahatan yang sering terjadi adalah kejahatan seperti pencopetan dan jambret.

"Itu sering terjadi.  Hipnotis dan kejahatan memperdaya juga sering terjadi. Dan tempat-tempat pemberhentian yang ramai, seperti Terminal Pakupatan menjadi tempat yang paling sering terjadi," katanya. 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA