Saturday, 7 Syawwal 1441 / 30 May 2020

Saturday, 7 Syawwal 1441 / 30 May 2020

Pep Guardiola Ingin Latih Brasil

Kamis 09 Jul 2015 06:50 WIB

Rep: muhammad iqbal/ Red: Damanhuri Zuhri

Pelatih Bayern Muenchen Pep Guardiola.

Pelatih Bayern Muenchen Pep Guardiola.

Foto: Reuters

REPUBLIKA.CO.ID, RIO DE JANEIRO -- Sebuah fakta menarik diungkapkan bek kanan tim nasional Brasil, Dani Alves.

Dalam wawancara pada program Bola da Vez, Alves menyebut mantan pelatihnya di Barcelona yang kini membesut Bayern Muenchen, Pep Guardiola, tertarik melatih Selecao.  "Saya tidak bohong," ujar Alves berusaha meyakinkan.

Sebelum perhelatan Piala Dunia 2014 Brasil, Pep tertarik untuk menangani Alves dan kawan-kawan.  "Guardiola berkata dia ingin menjadikan Brasil sebagai juara dunia.  Dia telah menyiapkan sejumlah rencana untuk mewujudkan itu," kata Alves dilansir Marca, Kamis (9/7). 

Akan tetapi, niatan itu bertepuk sebelah tangan lantaran Federasi Sepak Bola Brasil atawa CBF tetap mempercayai Felipe Scolari sebagai pelatih. Dan seperti kita tahu, Brasil gagal menjadi juara dunia setelah luluh lantak di fase empat besar. 

Juara dunia lima kali tersebut dihancurkan Jerman dengan skor telak 1-7.  Selain karena faktor Scolari, faktor lain yang mengganjal Pep adalah kekhawatiran CBF terhadap respon publik sepak bola negeri Samba.

Meski peristiwa ini telah berlalu, tetap saja Alves menyesalinya.  Apalagi, Pep dinilainya sebagai pelatih terbaik di dunia.  Pep sosok terbaik dalam menangani suasana di ruang ganti.

Pria asli Katalan itu juga telah merevolusi sepak bola berkat tangan dinginnya mengantarkan Barcelona meraih enam gelar juara sepanjang 2009. 

"Kita memiliki kesempatan untuk mendatangkan pelatih sekelas dia tanpa mengeluarkan uang sepeser pun.  Sebab, Pepbaru akan meminta bayaran jika targetmnya tercapai.  Hal ini menunjukkan bahwa mereka (CBF) tidak mempunyai pertimbangan terbaik bagi timnas.  Bukankah demikian?," tanya Alves

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA