Kamis, 24 Rabiul Awwal 1441 / 21 November 2019

Kamis, 24 Rabiul Awwal 1441 / 21 November 2019

Catat! BI Buka Gerai Penukaran Uang di 81 Titik

Senin 06 Jul 2015 16:21 WIB

Rep: Iit Septiyaningsih/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah

Warga melakukan penukaran uang kertas di gerai jasa penukaran uang Bank Indonesia, di Parkir IRTI Monas, Jakarta Pusat, Rabu (1/7).  (Republika/Wihdan)

Warga melakukan penukaran uang kertas di gerai jasa penukaran uang Bank Indonesia, di Parkir IRTI Monas, Jakarta Pusat, Rabu (1/7). (Republika/Wihdan)

Foto: Republika/ Wihdan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tak hanya mengadakan Pelayanan penukaran uang Kecil di monas , Jakarta, bank indonesia (BI) juga membuka gerai penukaran di beberapa stasiun Kereta Api. Gerai pun dibuka di berbagai tempat yang terhubung dengan masyarakat.

Deputi Gubernur BI Ronald Waas mengatakan, tahun ini BI membangun tempat penukaran uang di 81 titik, bekerjasama dengan 11 bank. "BI bersama perbankan melayani penukaran uang kecil seperti ini baru mulai tahun ini, diharapkan tahun depan bank yang terlibat bisa lebih banyak," jelasnya, di Monas, Jakarta, Senin, (6/7).

Ia menjelaskan, pembukaan gerai tersebut demi melayani kebutuhan masyarakat terhadap uang kecil. Kebutuhan uang tunai sendiri meningkat 4,6 persen dari sebelum bulan puasa.

Tahun ini BI pun menerima penukaran uang logam dan kertas. Di sisi lain, BI juga mempunyai gerakan transaksi non tunai, maka Ronald berharap ke depannya tak banyak orang menggunakan uang tunai melainkan uang elektronik.

Setiap tahun, penggunaan uang elektronik pun meningkat 30 persen. Meski begitu, pertumbuhan uang tunai yang beredar menjelang lebaran selalu naik sekitar 14,7 persen per tahunnya.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA