Selasa, 22 Rabiul Awwal 1441 / 19 November 2019

Selasa, 22 Rabiul Awwal 1441 / 19 November 2019

 

Manjakan Lidah dengan Eskrim di Jakarta Fair

Sabtu 04 Jul 2015 08:05 WIB

Red: Dwi Murdaningsih

menikmati ice cream ragusa

menikmati ice cream ragusa

Foto: dokpri

REPUBLIKA.CO.ID, Berbukalah dengan yang manis. Begitu pesan untuk yang berpuasa. Di Jakarta Fair Kemayoran, anda bisa menjajal eskrim untuk memanjakan lidah yang berpuasa. Manis, segar dan legit rasanya.

Di pameran terbesar dan terlama se Asia Tenggara ada dua es krim unik yang siap menggoyang lidah, Eskrim Ragusa dan Eskrim Turki. Dua eskrim ini tentunya tidak bisa didapat dibanyak tempat. Untuk eskrim Ragusa misalnya, cuma ada tiga tempat di Jakarta. Di Jakarta Fair Kemayoran 2015 salah satunya. Letaknya di Hall E, sisi barat Arena Jakarta Fair. Berdekatan dengan tempat mainan anak-anak.

Menurut website Wikipedia. Ragusa adalah eskrim Italia tertua di Jakarta. Toko eskrim ini berdiri sejak tahun 1932. Produk es Italia yang dijual ditoko ini menggunakan bahan dasar susu sapi segar sehingga menghasilkan es krim dengan tekstur yang lembut dan tidak menggunakan bahan pengawet.

Ada tujuh rasa dasar es krim yang meliputi coklat, vanila, mocca, stroberi, nougat, durian, dan rum raisin dan beberapa kombinasi es krim lainnya. Bentuk penyajiannya unik. Yakni, bukan dalam tuangan sendok, tetapi dibuat seperti tumpukan spageti. Harga yang ditawarkan mulai dari Rp 15 ribuan hingga Rp 80 ribuan. Rasanya.....Hhmmmm, jajal sendiri.

Kalau eskrim Turki letaknya di selasar Hal A dan D Arena Jakarta Fair Kemayoran. Stan berwarna merah dengan tulisan Eskrim Turki terlihat begitu mencolok. Apalagi yang menjualnya menggunakan rompi manik-manik khas Turki.

Eskrim ini dijual dengan harga mulai Rp 20 ribu. Penyajiannya yakni dengan cone atau biskuit kerucut. Namun, yang menarik adalah cara penyajiannya yang atraktif.

Seperti negeri asalnya, Turki, pelayan mencandai pembelinya saat penyajian. Dengan sendok bergagang panjang eksrim diambil dari mangkok es. Kemudian, diambil satu sendok dan ditaruh di cone. Namun tidak bisa langsung dimakan. Kenapa? Lihatlah di area Jakarta Fair Kemayoran dan nikmati sensasinya.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA