Hidupkan Tadarus di Malam Nuzulul Quran

Rep: c38/ Red: Agung Sasongko

 Jumat 03 Jul 2015 19:01 WIB

Tadarus Alquran di bulan Ramadhan Foto: Republika Tadarus Alquran di bulan Ramadhan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ada banyak kegiatan yang bisa dilakukan untuk mengisi malam nuzulul Quran. Salah satunya, tadarus Alquran berjamaah. Rasulullah pun saling menyimak bacaan Alquran dengan Malaikat Jibril saat Ramadhan.

“Ada salah satu hadits menyebutkan, Rasulullah saling menyimak bacaan Alquran dengan malaikat Jibril. Itu dilakukan supaya teks-teks Alquran tidak ada yang terlewat satu huruf pun,” kata pakar Alquran, Ahsin Sakho kepada ROL, Jumat (3/7).

Menurut Ahsin, Nabi ingin meneladankan pentingnya saling menyimak bacaan Alquran. Nabi Muhammad adalah orang yang sangat kuat hafalannya. Tapi, beliau ingin mengajarkan kaum Muslim untuk saling menyimak bacaan Alquran mereka.

Dalam konteks Nabi Muhammad dengan Malaikat Jibril, tadarus Alquran penting untuk menjaga keaslian dan ketepatan setiap huruf dalam Alquran. Bagi kaum Muslimin, tadarusan bersama penting sebagai sarana belajar untuk membetulkan bacaan yang kurang tepat.

Rektor IIQ Jakarta ini menambahkan, kebiasaan untuk membaca Alquran perlu ditumbuhkan sejak di tataran keluarga. “Kita ajak juga anggota keluarga yang belum bisa membaca Alquran. Kita tuntun mereka belajar sampai lancar,” kata Ahsin.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini

Berita Lainnya

Play Podcast X